Pakai Baju Adat Jas Tutu, Menteri AHY Dapat Sepeda dari Jokowi

Minggu 18-08-2024,16:14 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meraih penghargaan Busana Adat Terbaik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. 

Dalam acara tersebut, Menteri AHY tampil memukau dengan mengenakan busana adat Baamar Galung Pancar Matahari dari daerah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:AHY Soroti Risiko Pilkada 2024 Melawan Kotak Kosong Karena Persyaratan Yang Ketat

BACA JUGA:AHY Ungkap Alasan SBY Tidak Menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN

"Surprise banget, makanya tadi kaget banget saya dipanggil. Sebetulnya kita senang, ini sebagai apresiasi bahwa memang baju adat itu penting agar selalu bisa kita lestarikan,’ujar AHY dlam keterangan resminya, Sabtu 17 Agustus 2024. 

“Jadi, saya rasa ini tradisi yang sangat baik," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Menteri AHY mengenakan Baju Jas Tutu' dengan sentuhan warna merah marun, sementara Annisa Pohan Yudhoyono tampil anggun dalam Baju Bodo dengan warna serupa.

Menteri AHY menyoroti pentingnya tradisi mengenakan busana adat pada hari kenegaraan, seperti yang dicontohkan oleh Presiden Joko Widodo. 

BACA JUGA:AHY Apresiasi Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh Setelah Kerasnya Pemilu

BACA JUGA:AHY Respon Isu Suswono Sebagai Cawagub Ridwan Kamil

Menurutnya, tradisi ini tidak hanya melestarikan, tetapi juga memperkenalkan keragaman busana adat Indonesia kepada generasi muda. 

"Saya merasa ini adalah tradisi yang sangat baik, dan mudah-mudahan generasi muda kita, adik-adik kita, terus melestarikan budaya ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Menteri AHY berharap tradisi mengenakan pakaian adat juga dapat mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam produksi pakaian adat dari berbagai daerah.

"Mudah-mudahan juga bisnis atau UMKM yang bergerak di bidang busana, khususnya wastra yang benar-benar menghadirkan keragaman budaya ini, semakin sukses. Perlu perhatian dari pemerintah dan bantuan, tetapi yang paling penting adalah kita harus selalu meng-endorse dengan mencontohkan pemakaian busana adat ini dengan baik," tutur Menteri AHY.

BACA JUGA:Gus Yahya Akui PBNU-PKB Entitas Berbeda, Jazilul Fawaid: Kita Jalankan Tugas Masing-masing

Kategori :