Jokowi Dapat Penghargaan Atas Dukungan Indonesia Terhadap Hak Kemerdekaan Palestina

Senin 19-08-2024,14:39 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina, yaitu “Grand Collar Order of the State of Palestine”, yang diserahkan langsung oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin 19 Agustus 2024.

Penghargaan itu, diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan.

BACA JUGA:Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina Ditahan Israel, AFC: Dia Akan Diinterogasi Pada Kamis

BACA JUGA:Sandiaga Uno Bersama Baznas RI Salurkan Infak Kemanusiaan Untuk Palestina

Dalam keterangan tertulis BPMI Setpres, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan tanda penghormatan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Jokowi atas posisi Indonesia yang tak tergoyahkan dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina. 

“Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno.

Selain penghargaan, Utusan Khusus Palestina juga menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Ketua PBNU Ajak Seluruh Masyarakat Dukung Kemerdekaan Palestina

BACA JUGA:Penasihat Palestina Mahmoud Abbas: Peran Indonesia Sangat Penting Bagi Kemerdekaan Negaranya

Presiden Abbas mengapresiasi peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.

“Bapak Presiden (Jokowi) menegaskan kejelasan posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Indonesia juga akan terus menyuarakan gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala, dan tentunya solusi dua negara,” jelas Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina serta upaya untuk memperjuangkan pengakuan internasional dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

“Indonesia juga akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar mengakui Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB,” tambah Retno.

BACA JUGA:Ada Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS, KAI Lakukan Penyesuaian Jadwal Sejumlah KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir

BACA JUGA:Aksi Bela Palestina Digelar di Kedubes AS Pagi Ini, 1.300 Lebih Personel Kepolisian Dikerahkan

Kategori :