Pelaku Usaha Rental Mobil Rasakan Dampak Positif Pembangunan IKN Saat Momen HUT Ke-79 RI

Kamis 22-08-2024,22:19 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

KALTIM, DISWAY.ID  - Peringatan HUT RI ke-79 di Ibukota Nusantara berdampak positif pada omzet rental mobil. 

Lonjakan permintaan rental itu bahkan terjadi sejak 12 Agustus 2024 saat agenda kunjungan 38 Gubernur yang diundang Presiden ke Ibu Kota Nusantara. 

BACA JUGA:Pastikan Infrastruktur IKN Berkualitas, PUPR Tingkatkan SDM Konstruksi Nasional Lewat Sertifikasi Onsite

BACA JUGA:Kereta Otonom IKN Bisa Angkut 300 Penumpang Siap Digunakan HUT ke-79 RI

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Danum Kiswanto mengungkapkan bahwa lonjakan permintaan rental mobil terjadi sejak H-5 HUT RI. 

"Permintaan itu lebih dari 1.000 unit, sedangkan kami tidak memiliki unit sebanyak itu, jadi harus menambah unit dari luar," kata Danum kepada Disway.id, Kamis 22 Agustus 2024. 

Danum mengungkapkan, pihaknya kala itu hanya menyanggupi 100 unit mobil. Atas permintaan itu, Danum mengkoordinir sejumlah pelaku usaha rental mobil untuk menyiapkan unit. 

Adapun permintaan itu ia sanggupi untuk penjemputan di Balikpapan untuk diantarkan ke Ibukota Nusantara di Penajam Paser Utara. 

"Kami hanya sanggup 100 Mobil, bahkan beberapa unit harus didatangkan dari Pulau Jawa," ungkapnya. 

BACA JUGA:Keandalan Listrik PLN pada Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Diapresiasi Berbagai Kalangan

Atas peningkatan itu, Danum bersama sejumlah pelaku usaha rental mobil mendapat untung lebih dari 100 Persen. Meski hanya melakukan penjemputan di Balikpapan untuk diantar ke Stadion Batakan, Danum dan pelaku usaha rental merasakan betul dampak ekonomi atas pembangunan IKN. 

"Lonjakannya lumayan, karena ada ratusan Bupati dan Wali Kota juga yang diundang ke IKN. Jadi mereka kita lakukan penjemputan di Hotel untuk diantar ke Batakan," imbuhnya. 

Danum mengaku, hajatan HUT RI ke-79 di IKN membuat geliat ekonomi di bisnis rental mobil meningkat dari hari biasa. Ia berharap, pembangunan IKN turut diikuti pula dengan meningkatnya omzet penyewaan mobil. 

Untuk itu, Danum berharap pembangunan IKN bisa berdampak positif untuk sektor bisnis Pariwisata khususnya di Kalimantan Timur. 

"Tentu kami berharap agar di Pemerintahan pak Prabowo-Gibran nanti IKN dilanjutkan. Selain itu, di Kaltim ini banyak Pariwisata yang bisa dikembangkan dan berdampak baik bagi pelaku usaha rental mobil. Warga Kalimantan Timur turut mendukung dan bangga jika IKN dilanjutkan pembangunannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

Kategori :