Ada Potensi Gempa Megathrust di Indonesia, BMKG Imbau Pengelola Wisata Siapkan Mitigasi

Selasa 27-08-2024,15:48 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

BACA JUGA:BMKG Perjelas Soal Gempa Megathrust di Indonesia 'Tinggal Menunggu Waktu': Bukan Bentuk Peringatan Dini

Kemudian, pengelola juga bisa siapkan informasi kesiapsiagaan seperti membuat materi-materi edukasi, mulai dari poster-poster evakuasi yang ditempel di papan informasi hotel.

Hanya saja, Suci menyayangkan bahwa masih ada hotel-hotel di tempat wisata yang tidak memberikan safety breafing pada para wisatawan.

Padahal, hotel yang berada di wilayah rawan gempa dan tsunami wajib untuk melakukan safety briefing kepada para wisatawan.

"Hotel yang berada di wilayah rawan gempa bumi dan tsunami ini harus melakukan safety briefing sebelum pertemuan sehingga tamu memahami apabila dalam kondisi darurat mereka tahu harus melakukan apa. Juga upayakan pegawai hotel terlatih dan sering mengikuti sosialisasi dan simulasi rutin," kata Suci.

BACA JUGA:Kapan Gempa Megathrust Melanda Indonesia? Ini Kata BMKG

Sebagai tempat yang sering dikunjungi wisatawan, hotel-hotel ini juga harus menyiapkan sejumlah SOP rencana kontingensi, di mana mereka harus memastikan jika hotel bisa mendapatkan akses informasi terkait bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami dari BMKG.

Suci juga menegaskan bahwa gempa megathrust ini adalah fakta dan sudah pernah terjadi di Indonesia.

"Jangan lupa tsunami Aceh 2004 yang kekuatannya lebih dari 9 magnitudo, jangan lupa juga tsunami Mentawai yang kekuatannya 7,9 tetapi membangkitkan tsunami yang sangat besar. Tsunami Pangandaran 2006 ataupun tsunami Nias di 2005 itu adalah gempa tsunami yang dibangkitkan oleh gempa bumi di wilayah megathrust." tuturnya.

Kategori :