Tanam Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali Jadi Potensi Wisata

Sabtu 31-08-2024,04:40 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Penanaman hutan mangrove dapat menjadi potensi wisata.

QNET, perusahaan direct selling bekerja sama dengan Kodim 1611/Badung dan LPMD Denpasar menyelenggarakan Pembinaan Lingkungan Hidup Bersatu dengan Alam Untuk Indonesia Hijau dan Bina Lingkungan Hidup Tahun 2024 dengan melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Mangrove jenis Ryzovora Mucronata.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1611/Badung Letkol Czi Aditya Triwirawan yang mewakili Dandim 1611/Badung, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, ini diikuti sekitar 100 orang dan bertempat di Balai kelompok Nelayan Batu Lumbang Areal Hutan Mangrove Ngurah Rai Desa Pemogan Kec. Densel Kota Denpasar, beberapa hari lalu.

Kegiatan diawali penanaman secara simbolis oleh Kasdim 1611/Badung, General Manager QNET Indonesia, Kadus Banjar Glogor Carik dan Ketua LPMD Kota Denpasar di lanjutkan dengan penanaman secara serentak oleh anggota di sepanjan aliran sungai menuju laut dengan menggunakan Kano.

BACA JUGA:PNM Peduli Tanam 50.000 Pohon Mangrove di Hari Mangrove Sedunia

Letkol Czi Aditya Triwirawan menyampaikan bahwa mangrove atau bakau sebagai habitat penting bagi tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Dari sisi ekonomi, mangrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang serta menghasilkan buah atau biji untuk dibuat berbagai macam makanan atau minuman.

Selanjutnya keberadaan hutan mangrove berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam, seperti halnya taman hutan raya Ngurah Rai dan taman hutan mangrove di Desa Pemogan.

BACA JUGA:PNM Gelar Aksi Peduli, Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu dan Tanam Mangrove Rhizophora

“Mari kita satukan visi serta menjalankan misi perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan mangrove, maka dari itu pada kesempatan ini menjadi hari yang luar biasa bagi kita semua akan melaksanakan secara bersama-sama penanaman mangrove demi menjaga kelestarian lingkungan khususnya hutan bakau dan mari kita berkomitmen dalam menjaga Hutan Mangrove Sehat Laut Sejahtera,” tegas Letkol Czi Aditya Triwirawan.

Dalam kesempatan yang sama General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko yang intinya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini telah kami lakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Yili Joyday Berpartisipasi dalam Proyek Perkebunan Mangrove Nol Karbon di Indonesia

Sudah 3 tahun ini kami sudah menanam dan merawat bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, dan selalu Bersama Kodim Badung Bali.

“QNET sangat mendukung kelestarian lingkungan. Kegiatan penanaman bakau ini adalah salah satu upaya kami dalam merawat alam terutama Hutan Manggrove sehingga dapat mewujudkan Bali yang hijau maupun Indonesia Hijau dan kedepannya QNET akan selalu siap untuk bekerjasama dengan Kodim 1611/Badung maupun Pokmas Batu Lumbang,” ucap Ganang Rindarko.

 

Kategori :