Kriyanusa 2024 di JCC, Ada Mitra Binaan PLN dan UMKM dari Berbagai Daerah

Sabtu 31-08-2024,19:24 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

GELARAN Kriyanusa 2024 yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 menghadirkan berbagai produk hasil kerajinan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra Binaan PT PLN (Persero) dan dari berbagai daerah.

Kehadiran PLN dalam acara ini menjadi bukti komitmen perseroan mendukung pengembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Kriyanusa 2024 bertema "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya" dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya Indonesia.

BACA JUGA:Pastikan Keandalan Listrik PON XXI Aceh-Sumut 2024, Begini Persiapan PLN

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma’ruf Amin berharap Kriyanusa 2024 menjadi ajang memperluas pasar kriya Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pameran ini diharapkan mendorong perajin muda mengembangkan produk kerajinan yang mendukung kelestarian warisan budaya.

"Penting bagi kita memastikan setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar bagi para perajin. Mendorong peningkatan kualitas produk dan memperluas pasar, dengan pembinaan yang terus dilakukan oleh dewan kerajinan nasional pusat dan dewan kerajinan nasional daerah dari tahun ke tahun," kata Wury yang juga istri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin tersebut. 

Wury juga mengapresiasi dukungan dan pendampingan kepada para perajin sehingga terus dapat berinovasi dalam menampikan produk di pameran Kriyanusa 2024.

"Kita telah melihat dampak yang signifikan bagi setiap perajin di seluruh Indonesia, program kerja yang semakin berkualitas telah mendorong inovasi yang membawa dampak yang besar bagi perajin produk sehingga harapannya dapat menjadikan pameran ini sebagai kiblat pameran produk kerajinan," kata Wury.

BACA JUGA:Masyarakat Tiga Pulau di Karimunjawa Kini Nikmati Listrik 24 Jam setelah Masuknya Listrik Bersih dari PLTS PLN 182 kWp

Secara khusus, PLN menghadirkan booth yang berisikan produk UMKM Binaan PLN dan dibuka langsung oleh Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo.

Diny mengatakan, sebagai salah satu penopang ekonomi nasional, PLN akan mendukung pengembangan UMKM agar bisa memperkenalkan produknya dan memperluas cakupan pasar hingga tingkat global.

"Kriyanusa 2024 ini dapat menjadi wadah bagi seluruh pelaku UMKM. Karena selain pengunjung di tingkat nasional, banyak juga pengunjung dari mancanegara. Sehingga ini menjadi peluang untuk membawa produk UMKM Binaan PLN go global," ujar Diny.

Pada Kriyanusa 2024 ini, sekurangnya ada 219 jenis produk hasil kerajinan 8 UMKM binaan PLN dari berbagai daerah yang dipamerkan. Produk meliputi kerajinan kriya dari Jakarta-OH MY CRAFT!, Dwi Lim Craft, Bali-Manaya Bali Carving dan Griya Anyar Dewata, Jepara-Karafuru dan Omah Lurik Jepara, serta Kalimantan Selatan-AABS Collection, dan Air Santri.

BACA JUGA:PLN Borong 5 Human Capital Excellence Awards dari Brandon Hall, Amerika

Diny melanjutkan, kegiatan ini bisa menginspirasi UMKM Binaan PLN lainnya untuk meningkatkan nilai produknya. Saat ini tercatat lebih dari 3.000 UMKM mitra binaan PLN di seluruh Indonesia.

Kategori :