Ancaman Megathrust Pernah Dibahas Novel Ini, Begini Kisahnya

Selasa 03-09-2024,10:34 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Potensi gempa megathrust ternyata pernah dibahas dalam sebuah novel. 

Ancaman megathrust disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengatakan jika megathrust nyata adanya. 

BMKG menjelaskan jika perkiraan adanya gempa besar ini berpotensi terjadi di zona Megathrust Selat Sunda dan juga Mentawai-Siberut. 

BACA JUGA:Heboh Fenomena Ikan Naik ke Daratan di Pesisir Pantai Selatan Jawa, Benarkah Dikaitkan dengan Gempa Megathrust?

Indonesia memang termasuk negara dengan letak geografisnya yang sering terdampak anomali suhu bahkan rawan akan bencana.

Karena itulah sudah sewajarnya masyarakat lebih berhati-hati dan lebih sadar terhadap mitigasi bencana alam. 

Namun, di balik usaha kesiapan setiap individu dalam mengumpulkan informasi dan juga keamanan lainnya, rupanya hal-hal tersebut menginspirasi berbagai karya kreatif film maupun novel.

Mengolah tema bencana menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati sekaligus menjadi peringatan dan pengingat juga bahwa bencana alam dapat datang kapan saja, bisa dibilang tidak mudah. Tak heran, tidak banyak judul film dan novel yang menyoroti fenomena bencana alam.

BACA JUGA:Ada Potensi Gempa Megathrust di Indonesia, BMKG Imbau Pengelola Wisata Siapkan Mitigasi

Salah satunya adalah karya tulis dari Huning Margaluwih. 

Ia menerbitkan novel di platform baca dan tulis digital Cabaca, berjudul >9SR.

Novel ini mengolah gambaran cerita tentang bencana alam yang dikolaborasikan dengan genre fantasi dan misteri. 

BACA JUGA:BMKG Sebut Gempa Gunungkidul Berasal dari Zona Megathrust Akibat Deformasi Batuan

Menanggapi tentang novel dengan tema bencana alam, Lintang Filia, selaku editor dari novel >9SR menjelaskan jika novel-novel bertema bencana alam memang belum banyak diminati seperti novel romance ataupun misteri.

Padahal, Indonesia dekat sekali dengan bencana alam yang seharusnya bisa menjadi sumber literasi dan pengetahuan melalui sebuah karya tulis. 

Kategori :