Ancaman Megathrust Pernah Dibahas Novel Ini, Begini Kisahnya

Selasa 03-09-2024,10:34 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

“Dalam hal ini, penulis >9SR ternyata dapat mengangkat isu bencana besar yang diselipi fakta dan kritik bahwa di dunia nyata pun, hal-hal seperti mitigasi dan kepedulian pemerintah terhadap bencana alam khususnya gempa bumi dan tsunami masih sangat kurang,” jelas Lintang Filia saat diwawancarai secara daring, 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:Fakta-fakta Gempa Megathrust yang Tinggal Menunggu Waktu: Pemicu Hingga Peta Zona Bahayanya!

Novel >9SR sendiri mengisahkan Yodha, yang berusaha menutup telinga dari berbagai pemberitaan terkait ayahnya, Idris Adiwangsa, yang merupakan seorang staf dalam badan penanggulangan bencana. Ayahnya diduga bunuh diri.

Namun, suatu ketika Andhana dan Andhien yang tidak ia kenal, datang dan menuduh ayah Yodha sudah membuat ayah keduanya menghilang tepat setelah menerima email rahasia dari ayah Yodha. 

Namun, di tengah perdebatan dan saling curiga, fenomena alam di Indonesia semakin sering terjadi.

Mulai dari tsunami besar melanda Indonesia, Jakarta tenggelam, gempa yang terjadi sesekali, hingga angin ribut yang muncul di pemberitaan.  

BACA JUGA:Fakta-fakta Gempa Megathrust yang Tinggal Menunggu Waktu: Pemicu Hingga Peta Zona Bahayanya!

Kini, baik Yodha, Andhana, dan Andhien berusaha menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi antara ayah mereka.

Adakah rahasia yang diketahui keduanya terkait dengan bencana alam dahsyat yang melanda Indonesia? Benarkah prakiraan bencana alam tersebut sengaja disembunyikan kabarnya demi kepentingan politik?

“Megathrust baru-baru ini jadi kegelisahan masyarakat. Uniknya novel ini sudah terbit dari 2020,” jelas Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca, diwawancarai secara daring pada 29 Agustus 2024.

Ia menambahkan bahwa artinya, memang ada kesenjangan antara edukasi dan pengetahuan umum masyarakat.

Diharapkan, novel ini bisa memantik lebih banyak karya lain serta bisa jadi ambil bagian dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang siaga bencana. 

 

Kategori :