Jokowi Sebut Paus Fransiskus ke Indonesia Direncanakan Beberapa Tahun Lalu, Tertunda Pandemi Covid

Selasa 03-09-2024,12:06 WIB
Reporter : Anisa Aprilia
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap menyambut kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 3 September 2024.

Jokowi mengatakan Paus Fransiskus sebenarnya sudah direncanakan datang ke Indonesia sejak beberapa tahun lalu, namun rencana itu harus ditunda karena pandemi Covid-19.

BACA JUGA:RS Medistra Tindak Tegas Rekruter yang Minta Calon Dokter Lepas Hijab

BACA JUGA:Aturan dan Larangan saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK, Umat Katolik Wajib Tahu

"Sebentar lagi yang teramat mulia Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta, kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah, sudah direncanakan beberapa tahun lalu tapi tertunda karena pandemi COVID," ujarnya.

Dia menjelaskan Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen untuk memupuk perdamaian dan persaudaraan manusia.

"Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama, memupuk perdamaian dan persaudaraan, serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi membeberkan beberapa agenda yang akan dijalani Paus Fransiskus selama empat hari di Jakarta.

"Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik, dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di masjid istiqlal, serta misa kudus," ujar Jokowi.

 

Kategori :