Polres Jakpus Siagakan Ratusan Personel Gabungan Disiagakan Amankan Kegiatan Paus Fransiskus

Polres Jakpus Siagakan Ratusan Personel Gabungan Disiagakan Amankan Kegiatan Paus Fransiskus

Polres Jakpus Siagakan Ratusan Personel Gabungan Disiagakan Amankan Kegiatan Paus Fransiskus-Dok. Polres Metro Jakarta Pusat-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ratusan personel gabungan disiagakan untuk amankan Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat tempat Paus Fransiskus beristirahat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan para personel disiagakan di sekitar lokasi Kedubes Vatikan.

BACA JUGA:Mengapa Gelar Pope Dipanggil Paus di Indonesia? Umat Katolik Wajib Tahu

BACA JUGA:Klub Sepak Bola Favorit Paus Fransiskus, Kasta Tertinggi Argentina San Lorenzo de Almagro

"Jadi hari ini kami memulai pengamanan di depan Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Sebanyak 500 personel gabungan TNI-Polri sudah kami siagakan di kawasan seputar kedutaan Vatikan," katanya kepada awak media, Selasa 3 September 2024.

Diungkapkannya, pengamanan dilakukan di titik seperti Stasiun Gambir dan Tugu Tani.

"Terutama di ring 2 itu ada 2 lokasi. Di sekitar Kedutaan Vatikan juga di ring 3. Itu di Tugu Tani dan di sekitar Stasiun Gambir," ungkapnya.

Dijelaskannya, pihaknya mengantisipasi kepadatan apabila ada massa atau umat kalau ingin menyaksikan langsung kedatangan Paus Fransiskus. 

"Tentunya kami berharap hari ini kedatangan bapak suci ke kedutaan Vatikan ini bisa berjalan aman lancar," jelasnya.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Naik Innova Zenix ke Kedubes Vatikan di Gambir

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siapkan pengaturan arus lalin saat kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan pengaturan arus lalin mulai dilakukan dari Bandara Soekarno Hatta.

"Kegiatan kunjungan bapak Paus dan kegiatan daripada ISF yang ada di Jakarta akan dimulai tadi kita sudah melakukan gelar pasukan di Cilangkap dan besok kedatangan mulai tanggal 3 yaitu nanti mendarat di Bandara Soekarno Hatta nanti akan menuju ke Dubes Vatikan yaitu yang ada di jalan sekitar Jalan merdeka Utara perlu diketahui bahwa kedatangan Paus ini juga sebagai kepala negara sehingga nanti dalam sistem pengamanannya khususnya lantas kita menggunakan sistem rangkaian kebesaran," katanya kepada awak media, Senin 2 September 2024.

"Sehingga perlu diketahui oleh masyarakat dalam rangkaian kebesaran ini tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh bapak Paus ini adalah ruas-ruas jalannya akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara tetapi ini sifatnya situasional," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: