ASN Tak Jadi Pindah ke IKN September, Menpan RB: Instruksi dari Presiden Jokowi

Rabu 04-09-2024,09:21 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengungkap aparatur sipil negara (ASN) tak jadi pindah ke IKN atau Ibu Kota Nusantara pada September.

ASN t ak jadi pindah ke IKN September dikatakannya merupakan instruksi dari Presiden Jokowi.

"Terkait perpindahan ASN ke IKN sebenarnya di September ini telah siap beberapa hunian dan untuk ASN pindah bertahap. Namun arahan pak presiden ini perlu disempurnakan perkantoran dan sistem digitalnya," kata Anas, Rabu, 4 September 2024.

BACA JUGA:Jam Tangan Paus Fransiskus Disebut Sederhana Jadi Sorotan Netizen, Berapa Harganya?

BACA JUGA:Pramono-Rano Bakal Ketemu Mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso Pekan Ini Usai Sambangi Fauzi Bowo

Jokowi meminta agar tidak terburu-buru memindahkan ASN, karena saat ini sedang dilakukan penyempurnaan infrastruktur digital dan lainnya. Meski demikian, Azwar Anas belum bisa memastikan kapan pastinya ASN ini akan pindah.

"Kita tunggu skemanya sambil menunggu penyelesaian secara tuntas hunian dan perkantoran. Kemarin Menteri PU dan Otorita menyampaikan ada keterlambatan karena cuaca sehingga bandara belum bisa dituntaskan dan lainnya," ujar Azwar Anas.

Azwar Anas mengeklaim bahwa pemerintah telah menyiapkan skema perpindahan bagi para ASN untuk pindah dari Jakarta ke IKN.

BACA JUGA:Alasan Tunda Proses Hukum Cakada dan Cawakada di Pilkada 2024 Dibeberkan KPK

BACA JUGA:Serbu Kode Redeem FF Hari Ini 4 September 2024, Ambil Diamond Terbaru

"KemenPAN-RB sudah siapkan skema-skema perpindahan, termasuk jabatan yang akan pindah," katanya.

Sebelumnya  Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan setelah Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2024.

Hal tersebut disampaikan Basuki Hadimuljono melakukan acara Halalbihalal bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian PUPR pada Selasa, 16 April 2024. 

"Kalau ASN sendiri kan, Agustus itu rencana dipakai untuk upacara 17 Agustus dulu di sana, baru setelah itu ASN pindah," ujar Basuki kepada awak media di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta. 

BACA JUGA:Serbu Kode Redeem FF Hari Ini 4 September 2024, Ambil Diamond Terbaru

BACA JUGA:Istri Korban Penyiraman Air Keras di Jakbar Sebut Pelaku Utama Sudah Diamankan Pihak Kepolisian

Pasalnya, hunian ASN dan kantor-kantor pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), akan dipakai para petugas upacara HUT Kemerdekaan RI. 

"Karena hunian-hunian yang ada dan kantor-kantor di sana dipakai dulu untuk petugas-petugas upacara 17 an," ungkapnya. 

Kategori :