Sambangi Situ Babakan, Ridwan Kamil Ajak Warga Terlibat dalam Pariwisata

Rabu 04-09-2024,17:19 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil, menyambangi Perkampungan Kebudayaan Betawi, di kawasan Situ Babakan, Jakarta Selatan, Rabu 4 Agustus 2024.

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil mengungkapkan rencananya untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi kampung wisata.

"Kalau kampungnya kita tata menjadi kampung destinasi, maka wisatawan itu senang berinteraksi dengan warga kampung," katanya kepada wartawan, Rabu, 4 September 2024.

BACA JUGA:Bertemu di Situ Babakan, Ini Isi Wejangan Foke untuk Ridwan Kamil

Ia menambahkan bahwa jika kampung wisata ini terwujud, wisatawan memiliki pilihan untuk menginap di hotel biasa atau homestay. Ia juga mengungkapkan pengalamannya, saat memimpin Jawa Barat.

"Saya pernah melakukan itu di kampung Kuningan dan sudah ada di booking.com dengan harga sekitar 300 ribu. Di sini nanti menyesuaikan," ungkapnya.

Ridwan Kamil berharap konsep ini dapat memfasilitasi wisatawan untuk berinteraksi lebih dekat dengan penduduk setempat, bahkan dalam skenario yang lebih personal.

Ridwan Kamil menegaskan pentingnya melibatkan warga kampung dalam pengelolaan pariwisata,

"Poin saya yaitu kembali ke sila ke-5 yaitu ekonomi Jakarta jangan hanya dimiliki oleh konglomerasi koorporasi tapi warga kampung juga."

BACA JUGA:Interaksi Ridwan Kamil dan Fauzi Bowo di Setu Babakan, Menggali Budaya Betawi dan Masa Depan Jakarta

Ia berharap proyek ini dapat menjadi salah satu contoh bagaimana pariwisata kampung bisa menggerakkan ekonomi lokal.

"Nah,  gagasannya itu. Nah mungkin ini salah satu proyek pertama di babakan ini bisa jadi homestay kampung wisata betawi," tutupnya.

Kategori :