LPDB-KUMKM Expo 2024: Perkuat Kolaborasi, Dongkrak Ekonomi Melalui Koperasi

Kamis 05-09-2024,12:49 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar LPDB-KUMKM Expo 2024 sebagai puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18. 

Acara yang berlangsung bukan hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga merupakan momentum penting dalam memperkuat komitmen LPDB-KUMKM dalam mendorong pertumbuhan koperasi di Indonesia serta memperkuat kolaborasi stakeholders dalam penyaluran Dana Bergulir.

Dengan mengusung tema “Kolaborasi Ekonomi Berdaya”, LPDB-KUMKM Expo 2024 bertujuan untuk memperkuat ekosistem koperasi di Indonesia dan juga menjadi ajang promosi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai peran koperasi dan kehadiran LPDB-KUMKM sebagai lembaga negara yang fokus pada pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi.

BACA JUGA:Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutannya mengatakan agar LPDB-KUMKM bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, dan juga untuk menjaga kepercayaan pembiayaan koperasi serta memberikan dampak sosial ekonomi yang tinggi.

"Pengelola lembaga keuangan itu kuncinya adalah tingkat kepercayaan yang tinggi. Ini paling penting seperti perbankan, asuransi, termasuk juga LPDB-KUMKM yang menjadi bagian BLU pengelola dana pembiayaan untuk koperasi," ujar Teten saat menghadiri LPDB-KUMKM Expo 2024 di halaman kantor LPDB-KUMKM, Jakarta, Rabu 4 September 2024. 

Teten menambahkan, tingkat kepercayaan perlu dibangun dengan budaya korporat dan tata kelola perusahaan yang perlu ditingkatkan dan menjadi budaya kerja yang stabil dan tidak mudah berubah.

BACA JUGA:Kemendagri Harap PON XXI Bisa Jadi Ajang Promosi Pariwisata dan UMKM di Aceh dan Sumut

Di usia ke-18 tahun ini, Menkop UKM juga memberikan apresiasi atas prestasi atas reputasi yang sudah dibangun dengan baik, harapannya bisa terus dijaga dan ditingkatkan agar semakin berkontribusi maksimal terhadap pembangunan sosial ekonomi bagi koperasi di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menjelaskan, LPDB-KUMKM Expo 2024 menjadi puncak rangkaian perayaan HUT ke-18 yang telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. 

"Sebelumnya, LPDB-KUMKM telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti LPDB Fun Run 5K, turnamen olahraga, donor darah, dan santunan yatim piatu. Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara LPDB-KUMKM dengan para pemangku kepentingan, serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,“ ujar Supomo di sela-sela kegiatan LPDB-KUMKM Expo 2024.

BACA JUGA:Kriyanusa 2024 di JCC, Ada Mitra Binaan PLN dan UMKM dari Berbagai Daerah

Supomo menambahkan, salah satu tujuan utama LPDB-KUMKM Expo 2024 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran koperasi dalam perekonomian nasional.

“Kami ingin masyarakat semakin memahami pentingnya koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian nasional,” imbuhnya. 

Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan, LPDB-KUMKM berupaya untuk mensosialisasikan fungsi dan manfaat koperasi, serta memperkenalkan LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang konsisten mendukung pengembangan koperasi melalui penyaluran dana bergulir yang mudah, murah, dan ramah.

Kategori :