Universitas Esa Unggul Jalankan 'Program Pendampingan: Deteksi Tumbuh Kembang, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua'

Kamis 05-09-2024,16:02 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

SETIAP anak memiliki keunikan dengan potensi dan karakter mereka. Fase anak usia prasekolah yang biasa disebut pendidikan anak usia dini adalah fase yang berlangsung ketika anak berusia 3 hingga 6 tahun.

Periode ini dianggap sebagai fase golden age karena dalam kurun waktu ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat pada anak.

Pemahaman orangtua serta lingkungan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang lebih baik.

BACA JUGA:Simak Cara Cek Penerima PIP September 2024, Buka Link di pip.kemdikbud.go.id

Selain itu, dengan dipahaminya kondisi anak maka bisa mencegah terjadinya gangguan baik kesehatan maupun psikologis anak. 

Dengan latar belakang tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Esa Unggul melakukan pendampingan yang berjudul ”Program Pendampingan: Deteksi Tumbuh Kembang, Gaya Belajar, dan Pola Asuh Orangtua”.

Program pendampingan ini berbentuk asesmen dan edukasi tentang tumbuh kembang, gaya belajar dan pola asuh orangtua kepada anak, konsultasi, serta pemberian panduan deteksi tumbuh kembang dan psikologis anak kepada sekolah.

Kegiatan pengabdian ini mendapat hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikti) Tahun 2024. Adapun mitra adalah TKIT Global Prima Kota Bekasi. Kegiatan pengabdian berlangsung tanggal 11 Mei, 6 Juli, 13 Juli, dan 30 Juli 2024.

Asesmen telah dilakukan pada 33 anak, dan 10 orangtua untuk sesi edukasi serta konsultasi.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang hingga 10 September, Cek Lagi Berkas dan Persyaratannya

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tim dari Jurusan Psikologi dan Jurusan Ilmu Gizi yang diketuai oleh Sitti Rahmah Marsidi, S.Psi., M.Psi., dan beranggotakan Lintang Purwara Dewanti, S.Gz, M.Gizi, serta Rully Afrita Harlianty, S.Psi., M.A. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dibantu oleh 5 orang mahasiswa yang terdiri dari Ismu Ananta Al Furqon, Chelsea Azzahra Putri,  Eidelwein Dwi Thania, Amelia Avrilian, serta Annisa Safitri.

Sitti Rahmah Marsidi, S.Psi., M.Psi. selaku ketua tim pendampingan menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran orang tua dalam merawat anak khususnya anak-anak yang masih berusia prasekolah. Beliau juga berharap bahwa para mahasiswa yang ikut kegiatan pendampingan ini bisa menyerap semua pengalaman serta ilmunya agar bisa digunakan ketika nanti mengabdi di masyarakat.


Tim pengabdian kepada masyarakat beserta mitra, perwakilan orangtua, serta murid setelah kegiatan edukasi.-ist-

Bagi kamu yang berkeinginan untuk bisa meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendidik anak dengan baik, kamu bisa berkuliah di prodi Ilmu Psikologi Universitas Esa Unggul. Di prodi ini, kamu akan diberikan wawasan secara lengkap serta menjalankan praktek langsung mengenai pendidikan anak yang optimal dan bisa menjadikan mereka sebagai insan yang produktif dan berguna di masyarakat. Jadi, ayo kuliah di prodi Ilmu Psikologi Universitas Esa Unggul. 

 

Kategori :