Ini 5 Jenis Buah yang Berpotensi Bikin Gula Darah Naik, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Selasa 10-09-2024,12:57 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Jus pun juga bisa menyumbang banyak kalori tanpa harus membuat tubuh merasa kenyang. Dengan kondisi itulah, pada akhirnya dapat memicu peningkatan berat badan.

3. Buah yang Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat sendiri adalah zat gizi makro yang cukup penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, asupan karbohidrat ini juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada kadar gula darah.

Mengutip dari Medical News Today, kandungan karbohidrat tak hanya ada di dalam makanan pokok seperti nasi, tetapi juga ada di dalam buah-buahan dengan jenis tertentu.

BACA JUGA:BPOM Tegaskan Susu UHT Tak Sebabkan Diabetes dan Gagal Ginjal, Ini Penjelasannya

Sejumlah buah yang memiliki tinggi karbohidrat, di antaranya ada pisang, apel Fuji, nanas, anggur merah, dan mangga.

Nah, untuk para penderita diabetes, bisa mencoba untuk mengatur porsi buah yang tinggi karbohidrat dalam sekali makan agar kadar gula darah tidak meningkat.

4. Buah yang Diolah Jadi Kering

Berikutnya, ada sejumlah jenis buah yang dapat diolah kembali jadi kering, salah satunya adalah kismis atau manisan buah. 

Melansir dari Very Well Health, walaupun memang lezat jika dicampur dengan makanan dan salad, buah yang telah dikeringkan ini ternyata memiliki kandungan gula yang sangat tinggi usai melalui proses pengeringan.

BACA JUGA:Ini Obat Mujarab Sembuhkan Rasa Tak Nyaman Pada Diabetes yang Muncul di Kulit, Catat Guys!

Hal tersebut ternyata bisa membuat makanan jadi tinggi karbohidrat dibandingkan dengan buah yang segar utuh.

Buah-buahan kering pun kemungkinan juga banyak mengandung tambahan gula serta lebih rendah serat, jika kulitnya dibuang.

Sebagai informasi, hanya satu cangkir kismis saja itu mengandung 127 gram karbohidrat serta 104 gram gula. Sebaliknya, untuk 1 cangkir anggur segar ini hanya mengandung 27 gram karbohidrat serta 23 gram gula.

5. Buah dengan kadar Gula Tinggi

Mengutip dari All Recipes, seorang ahli diet bersertifikat asal Amerika Serikat, yakni Zoe Fienman yang mengimbau pada semua orang supaya tetap memperhatikan porsi sekali makan dan saat mengonsumsi buah.

Kategori :