Puluhan Dewan Pengurus Daerah Kadin Indonesia Menolak Munaslub: Tak Sesuai AD/ART Organisasi

Sabtu 14-09-2024,14:17 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 21 dewan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) provinsi menolak rencana musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Kadin Indonesia yang bertujuan mengganti Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Penolakan ini disampaikan oleh 21 dewan pengurus Kadin provinsi dari Bengkulu, Jakarta, DI Yogyakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Sejumlah Perwakilan Daerah Datang ke Munaslub Kadin: Ada Anindya Bakrie, Rosan Roeslani hingga Erwin Aksa

BACA JUGA:Ketum Kadin Arsjad Rasjid Dukung Reshuffle Kabinet Jokowi Demi Transisi Pemerintahan Berjalan Baik

Selanjutnya Kadin Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT, Riau, Sulawesi Tenggara, Papua Barat Daya, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Penolakan ini didasarkan pada pertimbangan munaslub diadakan tanpa mematuhi ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

“Menurut AD/ART Kadin Indonesia, Kadin tidak memiliki prosedur munaslub atau penggantian antarwaktu selama ketua umum terpilih tidak melanggar aturan atau menyatakan pengunduran diri,” ungkap Ketua Umum Kadin Gorontalo Muhalim Djafar Litty dikutip dari rilis resmi Kadin Indonesia, Sabtu 14 September 2024 

Menurut AD/ART Kadin Indonesia, munaslub hanya bisa diselenggarakan apabila ada pelanggaran terhadap prinsip-prinsip yang terdapat di dalamnya, dan itu pun setelah dua kali peringatan tertulis tidak diindahkan.

Selain itu, permohonan munaslub harus diajukan oleh setidaknya setengah dari jumlah Kadin Provinsi dan etengah dari jumlah anggota luar biasa. 

BACA JUGA:Kinerja Kadin Indonesia dalam Mendorong Pembangunan Ekonomi Terus Meningkat

Sebelumnya, sejumlah perwakilan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah tengah menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di St. Regist Jakarta pada Sabtu, 14 September 2024.

Berdasarkan pengamatan Disway.id di lokasi, sejumlah perwakilan kadin daerah sudah mulai berdatangan sejak pukul 13.00 WIB.

Terlihat, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie sudah berada di lokasi acara, nampak Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Mantan Ketum Kadin Bidang Kontruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa, dan juga Roesan Roeslani.

Sejauh ini, belum ada pernyataan langsung dari pihak Kadin maupun Ketua penyelenggara Munaslub.

BACA JUGA:Kadin Dorong Optimalisasi Transisi Energi Baru Terbarukan saat Berdialog dengan Pejabat AS

Kategori :