NASA Umumkan Peringatan, Asteroid Besar Mengarah ke Bumi dengan Kecepatan Tinggi

Senin 16-09-2024,17:54 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - NASA mewaspadai asteroid besar 2024 ON tengah melaju ke arah Bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Kejadian ini terjadi di pertengahan 15 September.

Asteroid tersebut, yang berdiameter 720 kaki, lebih besar dari dua lapangan kriket dan diperkirakan akan melewati jarak aman sekitar 620.000 mil, yang kira-kira 2,6 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

BACA JUGA:Teknologi AI Berhasil Deteksi Asteroid Berbahaya yang Terhalang Bima Sakti, Ilmuwan Kecolongan Bumi Terancam!

Para astronom sangat tertarik pada batu angkasa ini karena kecepatannya yang tinggi yaitu 25.000 mph.

Dilansir dari WION, Asteroid 2024 ON pertama kali diidentifikasi oleh Program Pengamatan Objek Dekat Bumi NASA dan telah dipantau secara ketat karena ukurannya yang besar dan kecepatannya yang cepat.

Laboratorium Propulsi Jet (JPL) yang berada di Pasadena, California, telah berperan penting dalam melacak asteroid tersebut dan menggunakan radar dan teleskop optik canggih. Para astronom menilai ukuran, bentuk, dan komposisi asteroid untuk mengetahui potensi risiko dan mencari strategi mitigasi yang memungkinkan.

BACA JUGA:NASA Temukan Harta Karun Senilai USD 10 Triliun dari Asteroid Ini, Ada Logam Mulia Hingga Nikel

Apakah Berbahaya?

Meskipun kecepatan dan ukuran asteroid sangat besar, peluangnya untuk bertabrakan dengan Bumi sangat kecil.

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet (PDCO) NASA menekankan bahwa kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang berkelanjutan sangat penting dalam menghadapi objek dekat Bumi.

Para ilmuwan telah mengumpulkan data saat tanggal pertemuan dekat dengan 2024 ON semakin dekat dan meningkatkan pemahaman mereka tentang alam semesta.

BACA JUGA:Asteroid 'Pembunuh Planet' Bersembunyi di Bawah Sinar Matahari, Peneliti: Bisa Sebabkan Kepunahan Massal

Antisipasi NASA

Cara asteroid 2024 ON bergerak menuju Bumi juga mencerminkan pentingnya mengawasi ruang angkasa untuk mendeteksi potensi bahaya apa pun.

Kategori :