Trade Expo Indonesia Digelar 9-12 Oktober di ICE BSD City, Perluas Jejaring Bisnis dan Potensi Ekspor

Rabu 18-09-2024,14:21 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024.

TEI 2024 tersebut digelar di Indonesia Convention Center (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Mardyana Listyowati, mengungkapkan pelaksanaan TEI tahun 2024 ini akan mengangkat tema “Build Strong Connection with the Best of Indonesia”.

BACA JUGA:Pameran Trade Expo Indonesia 2024 Siap Digelar, Targetkan Perluasan Ekspor

Tema ini menjadi penghubung dengan gelaran tahun lalu yaitu 'Sustainable Trade for Global Economic Resilience'.

"Diharapkan tema tahun ini akan memperkuat kontak dagang dan menjadi langkah cepat menembus pasar ekspor dan meningkatkan kinerja ekspor Indonesia," kata Mardyana dalam acara konferensi pers TEI 2024, yang digelar di Indonesia Convention Center (ICE), BSD, pada Selasa 17 September 2024.

Selanjutnya, Mardyana menjelaskan bahwa pameran ini nantinya akan terbagi menjadi tiga zona produk yaitu, Food, Beverage, and Agricultural Products, Manufacture Products, serta Home Living, Fashion, and Services. 

Selain pameran, TEI ke-39 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, yaitu penjajakan kerja sama bisnis (business matching), bisnis konseling (business counseling), seminar internasional, pertunjukan langsung, dan buyers night.

"TEI menjadi ajang untuk mempromosikan produk ekspor bernilai tambah. Penyelenggaraan TEI diharapkan dapat mendorong penetrasi ekspor ke negara-negara yang belum disasar secara maksimal sehingga mampu mendongkrak kinerja ekspor nonmigas di tengah tantangan perlambatan ekonomi global," jelas Mardyana.

Ditemui dalam kesempatan sama, Vice President Government Business Head Region IV PT Mandiri Heru Prihantoro menjelaskan bahwa Bank Mandiri sangat antusias dan mendukung berbagai kegiatan perdagangan internasional, perdagangan ekspor maupun impor, termasuk TEI 2024.

BACA JUGA:Rundown Pestapora 2024 di Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran 20-22 September, Dewa 19 Tampil Hari Ketiga

Menurut keterangannya, Bank Mandiri sebagai lembaga keuangan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Penting bagi Bank Mandiri untuk menjadi sarana transaksi perdagangan internasional dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat posisi Indonesia di perbankan internasional.

"Kami juga memberikan pelatihan dan pengembangan kapasitas pada pelaku usaha di Indonesia, yang bekerja sama dengan lembaga terkait. Salah satunya adalah Mandiri Export House, yang berlokasi di Makassar," kata Heru.

Kategori :