Lokasi Pelepasan Nyamuk Aedes Aegypti Ber-Wolbachia di Jakbar oleh Pemprov DKI Oktober Mendatang

Kamis 26-09-2024,02:00 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal meluncurkan program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia untuk mengendalikan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia ini akan di wilayah Jakarta Barat (Jakbar) pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Adapun lokasi pelepasan nyamuk Aedes Aegypti Ber-Wolbachia di Jakbar oleh Pemprov DKI Oktober mendatang renananya di di RW 07 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan.

BACA JUGA:Prabowo Sebut Indonesia Belum Bisa Miliki Pertahanan yang Kuat, Dahulukan Kesejahteraan Rakyat

BACA JUGA:Ambil Bagian di GIIAS Bandung 2024, Aion Ajak Masyarakat untuk Test Drive dan Menangkan Hadiah Menarik

Pelepasan nyamuk tersebut sebagai langkah inovatif dalam upaya pengendalian penyakit DBD di DKI Jakarta.

Adapun hingga September 2024, tercatat sebanyak 12.107 kasus DBD ditemui di DKI Jakarta.

Dalam rangka peluncuran tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan mengundang Kemenkes RI dan peneliti Wolbachia dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar media briefing ‘Program Implementasi Nyamuk Aedes Aegypti Ber-Wolbachia di Jakarta’ pada Rabu, 25 September 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan, hal ini salah satu strategi terbaru sebagai pelengkap program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus adalah dengan menggunakan bakteri alami Wolbachia.

BACA JUGA:22 Remaja Diamankan Buntut Kasus 7 Jenazah Kali Bekasi, Ada yang Positif Obat Terlarang

BACA JUGA:Intip Prediksi Setlist Konser LANY di Jakarta 9-10 Oktober 2024, Udah Siap Karaoke Bareng?

Bakteri ini menghambat infeksi virus Dengue, sehingga dapat menurunkan risiko penularan penyakit tersebut di masyarakat.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang metode Wolbachia dan penerapannya," ungkap Ani.

Selain itu, Dinkes DKI juga mengajak masyarakat mendukung program ini dengan berpartisipasi aktif sebagai Orang Tua Asuh (OTA) yang akan dititipkan ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia.

"Tentu ada pendampingan dari kami agar masyarakat memahami cara-cara perkembangbiakan jentik dan memantau keberhasilannya,” ujar Ani.

Kategori :