KAI Resmi Tutup Open House Balai Yasa Manggarai, Pengunjung Capai 7.500 Orang

Kamis 26-09-2024,22:59 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- KAI sukses menyelenggarakan Open House Balai Yasa Manggarai pada tanggal 25 - 26 September 2024. 

Acara ini diadakan dalam rangka perayaan HUT ke-79 KAI dengan tema "Safety and Sustainability". 

Ribuan pengunjung berkesempatan melihat langsung proses perawatan sarana kereta api, mulai dari bengkel perawatan, teknik proses perawatan, bagian-bagian kereta, hingga alat-alat perawatan yang digunakan.

BACA JUGA:KAI Daop 1 Jakarta Berikan Promo Birthday Bash, Tiket KA Hanya Bayar 79 Persen

BACA JUGA:Spesial HUT ke-79, KAI Tebar Promo Tiket Kereta Api Cuma Bayar 79 Persen

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan bahwasanya jumlah pengunjung selama event mencapai 7.500 orang. 

"KAI menyediakan kuota 5.000 tiket per hari, yang menunjukkan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk berkunjung ke Balai Yasa Manggarai, tempat perbaikan kereta api seperti Minor Overhaul hingga General Overhaul, serta perawatan berkala dua tahunan dan empat tahunan," kata Anne Kamis 26 September 2024.

Balai Yasa Manggarai kata Anne, menjadi tempat bagi insan KAI untuk berinovasi, seperti pembuatan Compartement Suite yang digunakan oleh para petinggi kereta api anggota ASEAN dalam event ARCEO 2024. 

BACA JUGA:KAI Akan Tuntut Supir Truk ke Jalur Hukum: Kereta Rusak, Masinis Kami Harus Dirawat

BACA JUGA:Penyebab Truk Semen Ditabrak KA Taksaka di Bantul Diungkap KAI: Supir Truk Abaikan Sirine

Inovasi lain termasuk kereta makan dengan interior elegan dan Kereta K3 New Generation yang memiliki kursi ergonomis dan fitur pengatur kemiringan yang dapat disesuaikan dengan arah perjalanan.

Anne menuturkan, Balai Yasa Manggarai memiliki luas 23 hektar dan didukung oleh 319 pekerja KAI. 

"Di sini, pengunjung juga dapat melihat berbagai fasilitas seperti mesin bubut roda, overhead crane berkapasitas 10-25 ton, roll wagon, serta berbagai bengkel seperti workshop electrical panel, air conditioner, bogie, genset, body repair, hingga auditorium. Balai Yasa Manggarai juga sudah dilengkapi dengan PLTS (solar panel)," tambah Anne.

Anne menyatakan bahwa KAI mengajak masyarakat untuk semakin mencintai kereta api sebagai bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

"Pada usia ke-79 ini, dengan tema “Safety and Sustainability” kami berharap KAI terus mengutamakan keselamatan serta menjadi adaptif dan inovatif untuk kemajuan perkeretaapian Indonesia yang berkelanjutan," tutup Anne.

Kategori :