Heboh Video Ahmad Dhani Bacakan Al-Fatihah Diiringi Musik Viral di Medsos, MUI: Bertentangan dengan Al-Quran

Rabu 02-10-2024,20:09 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Beredar sebuah video yang menunjukkan Ahmad Dhani tengah membaca Al-Fatihah sembari diiringi dengan musik di media sosial.

Video yang berdurasi sekitar 1 menit 28 detik ini telah tersebar luas di sejumlah media sosial.

Adapun, video tersebut diunggah oleh akun TikTok @nardhie_kemol yang memperlihatkan pentolan Dewa 19 ini membaca surat Al-Fatihah dengan iringan musik intro lagu 'Kuldesak' sambil mengajak penonton untuk melantunkannya.

BACA JUGA:Viral! Wine hingga Tuyul Bersertifikat Halal, BPJPH Langsung Buka Suara, Bawa-bawa Fatwa MUI

Aksinya ini pun dikecam oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga menuntut ayah dari Al, El dan Dul tersebut.

MUI meminta kepada Ahmad Dhani untuk segera memberikan permohonan maaf dan klarifikasi atas aksinya yang dianggap sudah merugikan banyak umat Islam.

Sementara itu, KH Jeje Zaenuddin Ketua MUI Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam (SBPI) dengan tegas meminta agar rekaman video tersebut ditarik.

Sebab, hal ini dapat dinilai sebagai suatu penghinaan pada kesakralan kitab suci Al-Quran.

Tak sampai situ, Jeje juga menyampaikan bahwasannya para ulama telah mengeluarkan fatwa jelas mengenai masalah tersebut, termasuk  Syekh Abdullah bin Baz dan Mufti Darul Ifta Al Mishriyah.

BACA JUGA:Viral Pria Gempal Banting Wanita di Kebayoran, Polisi Terima Laporannya

Jeje menambahkan jika fatwa ini melarang adanya penggunaan Al-Quran sebagai latar musik ataupun dinyanyikan memakai iringan musik.

"Saya menduga niat awalnya baik, yaitu ingin membacakan surat Al Fatihah. Namun, sangat disayangkan cara dan tempatnya justru bertentangan dengan kesucian Al Quran, terutama ketika membacanya diiringi nada lagu," kata Jeje.

Meski demikian, Jeje berharap pelaku merespon dan seharusnya mengambil langkah untuk merespons, mengklarifikasi, dan meminta maaf atas tindakannya.

"Dari insiden ini, semoga pelaku menyadari kesalahan dan memperbaiki perilaku sebagai bentuk permintaan maaf, sehingga tidak menimbulkan keresahan dan polemik di kalangan umat Islam," ujar Jeje Zaenudin.

Melihat video viral ini, banyak netizen juga ikut mengecam dengan aksi tak Ahmad Dhani tersebut.

Kategori :