KPK: Hakordia 2024 Jadi Komitmen Seluruh Elemen Bangsa Bersatu Lawan Korupsi

Kamis 03-10-2024,08:52 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nawawi Pomolango menyatakan, Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2024 diharapkan bisa memperkuat komitmen seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu memberantas korupsi.

“Penguatan komitmen pemberantasan korupsi adalah untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional," kata Nawawi pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Peringatan Hakordia 2024 ini, kata Nawawi, ada memanfaatkan tiga momentum besar di Indonesia saat ini yakni pergantian kepemimpinan nasional, pembangunan ibu kota baru Nusantara, dan upaya menuju Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Jokowi: Pertemuan Prabowo dan Megawati Penting untuk Kemajuan Negara

BACA JUGA:KPK Sebut Eks Gubernur Kaltim Awang Faroek Minta Penjadwalan Ulang Pemeriksaan

Nawawi berpesan agar hakordia bukan hanya sekadar peringatan.

Namun menjadi sarana untuk melaporkan kepada publik tentang langkah-langkah pendidikan, pencegahan, dan penindakan korupsi yang telah dilakukan KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya. 

Kegiatan ini dihelat setiap tanggal 9 Desember dengan acara puncak Hakordia tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 9-10 Desember 2024, diharapkan acara ini dapat mendorong dan memperkuat gerakan antikorupsi di Indonesia.

Melalui Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2024 tentang Imbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2024.

KPK mengimbau kepada seluruh kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, dan pemerintah daerah untuk berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan Hakordia 2024 dengan menyelenggarakan program dan kegiatan antikorupsi di lingkungan instansi masing-masing.

BACA JUGA:Jaga Kestabilan Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Jaga Daya Beli

BACA JUGA:Industri Tekstil Alami Kontraksi, Kemenperin Tegaskan Pentingnya Perlindungan dari Pemerintah

“Kita semarakkan Hakordia 2024 sebagai kampanye bersama untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia,” tutup Nawawi.

Untuk Informasi selengkapnya terkait isi edaran, ruang lingkup, penggunaan logo, dan informasi lainnya mengenai pelaksanaan Hakordia 2024 dapat diakses melalui tautan https://www.kpk.go.id/hakordia2024/

 

Kategori :