Apa Itu Bom Fosfor Putih yang Digunakan Israel Buat Serang Pusat Kesehatan Kota Beirut?

Jumat 04-10-2024,08:28 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Israel menggunakan bom fosfor putih yang dilarang secara internasional dalam serangan terhadap sebuah gedung apartemen di distrik permukiman Bashoura pada Kamis dini hari, 3 Oktober 2024 waktu setempat.

Menurut komentar dari kantor perdana menteri dan parlemen Lebanon, serangan itu memicu kebakaran di distrik Beirut yang berpenduduk padat di dekat parlemen Lebanon dan markas besar PBB.

Serangan itu menghantam kantor pusat medis yang dikelola oleh Health Society yang berafiliasi dengan Hizbullah, menewaskan sembilan orang dan melukai 14 lainnya.

Organisasi itu mengatakan tujuh stafnya, termasuk dua petugas medis, tewas dalam serangan itu. Warga di Beirut melaporkan bau seperti belerang di kota itu setelah serangan udara itu.

BACA JUGA:Israel Sudah Gunakan Bom Fosfor Sejak 2007 di Gaza, Ketua Presidium MER-C: Terinjak Sepatu Saja Koyak

Serangan itu terjadi tanpa peringatan sebelumnya atau perintah evakuasi dari pasukan Israel. Warga yang tinggal di daerah sekitar mulai melarikan diri, pergi dengan cepat menggunakan skuter dan mobil.

Video yang beredar daring menunjukkan lantai sebuah gedung apartemen terbakar.

Kelompok hak asasi manusia di masa lalu menuduh Israel menggunakan bom pembakar fosfor putih pada bangunan tempat tinggal di kota-kota dan desa-desa di Lebanon selatan yang dilanda konflik.

Serangan Israel di Beirut bagian tengah jarang terjadi. Serangan itu adalah serangan udara Israel pertama yang menghantam pusat ibu kota Lebanon sejak perang antara kedua negara pada tahun 2006.

BACA JUGA:Serangan Udara Israel Jatuhkan Diduga 'Bom Fosfor' 6 Ton di Kamp Pengungsi, RS Indonesia di Jabaliya Kebanjiran Kantong Jenazah

Beberapa serangan juga dilaporkan di pinggiran selatan Beirut saat pasukan Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk lima bangunan di daerah Dahiyeh.

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan 46 orang lainnya tewas dalam serangan Israel di kota itu dalam 24 jam terakhir.

APA ITU BOM FOSFOR PUTIH?

Bom fosfor adalah senjata yang mengandung fosfor putih, sebuah bahan yang sangat berbahaya bagi manusia maupun hewan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), fosfor putih adalah zat padat berwarna putih, kuning, dan bening, dengan aroma seperti bawang putih.

Bahan ini sering digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari produksi chip komputer hingga racun tikus serta kembang api. Selain itu, fosfor juga dimanfaatkan untuk membuat senjata militer, menjadi komponen penting dalam pembuatan granat dan peluru artileri yang dapat menghasilkan cahaya, asap, dan pembakaran.

BACA JUGA:Apa Itu Bom Fosfor Putih yang Dipakai Israel Untuk Serang Gaza?

Kategori :