Runaway Bandara IKN Tembus 2 Km, Target Rampung Oktober 2024

Senin 07-10-2024,08:07 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Runaway Bandara IKN tembus 2 km dan akan kembali melalukan uji coba pendaratan untuk tipe pesawat yang lebih besar.

Setelah sebelumnya dilakukan pendaratan Pesawat Kepresidenan RJ85 pada akhir September lalu. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, runway Bandara Nusantara kini telah mencapai panjang 2.200 meter dengan lebar 45 meter. 

Saat ini, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan penebalan pada area runway dengan target selesai pada 10 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Vadel Badjideh Ingin Dikonfrontir Langsung dengan Lolly Tanpa Nikita Mirzani, tapi…

BACA JUGA:Ganjil Genap Jakarta Hari Ini 7 Oktober 2024, Cek 25 Titik Ruas Jalan

Kemudian, Kemenhub akan melakukan verifikasi kelayakan runway untuk kembali dilakukan pendaratan pesawat. 

"Insya Allah pengerjaan bagian runway ini akan selesai di tanggal 10 (Oktober) pagi dan sorenya akan dilakukan uji coba pendaratan," ujar Budi Karya saat meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara di IKN, Kalimantan Timur pada Minggu, 6 Oktober 2024. 

Dalam kesempatan ini, Budi Karya juga meninjau progres pembangunan terminal bandara bersama dengan tiga arsitek Bandara Nusantara, yakni Yori Antar, Adi Purnomo (Mamo) dan Reza Wahjudi (Bobos). 

BACA JUGA:Amerika Gempur Houthi dengan 15 Serangan, Targetkan Pos Militer Hingga Bandara

BACA JUGA:Cek Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini, Senin 7 Oktober 2024

Ia memastikan pembangunan terminal sesuai dengan konsep besar IKN, yakni berorientasi pada alam dan ramah lingkungan serta menonjolkan budaya Kalimantan. 

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan dengan tipe RJ85 sukses mendarat di Bandara Nusantara, mengantarkan Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah Kalimantan. 

Setelah bertambah tebal dan luas, runway bandara akan siap untuk didarati Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 737-800 yang berukuran lebih besar dari RJ85. 

BACA JUGA:Jenguk Mat Solar Bajaj Bajuri yang Terbaring Stroke, Rieke Oneng Singgung Tanah yang Belum Dibayar Pemerintah

Kategori :