Asyik! YouTube Perpanjang Durasi Video Shorts Jadi 3 Menit

Senin 07-10-2024,14:32 WIB
Reporter : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, DISWAY.ID - Saat ini YouTube kembali melakukan pembaruan yang signifikan terhadap layanan Shorts, fitur video pendek dengan memperpanjang durasinya hingga tiga menit.

Dengan perubahan ini, maka kreator akan memiliki banyak ruang untuk berkreasi dan menyampaikan pesan tanpa terbatasi oleh durasi yang singkat.

Perubahan YouTube yang memperpanjang durasi video Shorts hingga tiga menit ini sudah bisa diunggah oleh kreator mulai pertengahan Oktober 2024.

BACA JUGA:Xiaomi 14T Series Bikin Ngiler Dilengkapi Fitur AI, Pengunjung Rela Antre First Sale

YouTube Shorts merupakan platform berbagi video berdurasi pendek yang ditawarkan oleh YouTube yang menampung konten pengguna dengan membatasi durasi hingga 15-60 detik.

Berbeda dengan YouTube yang memiliki durasi lebih Panjang dan format video horizontal, YouTube Shorts diciptakan untuk kreator membuat video berdurasi lebih pendek.

Namun, kini YouTube telah memperpanjang durasi untuk membuat kreator semakin nyaman dengan video berdurasi yang tidak singkat.

Dalam unggahan blog resmi YouTube yang diunggah oleh Director of Product Management YouTube Shorts Todd Sherman, druasi Shorts yang mencapai tiga menit mulai bisa diunggah kreator mulai Selasa, 15 Oktober 2024.

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang memberi kreator lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisahnya," kata Todd.

BACA JUGA:Spesifikasi ZTE Blade A35 yang Baru Rilis di Indonesia, Harganya Gak sampai Sejuta!

Penambahan durasi untuk YouTube Shorts ini akan berlaku untuk video yang rasio aspeknya persegi atau lebih tinggi dan tidak akan mempengaruhi video yang diunggah kreator sebelum 15 Oktober 2024.

Nantinya, YouTube akan meningkatkan rekomendasi untuk Shorts yang berdurasi lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, YouTube juga melakukan beberapa pembaruan untuk pembuatan konten.

YouTube Bakal Bawa Model AI Google

Dalam pembaruannya itu, YouTube juga akan membawa Veo, yakni model AI Google yang mumpuni untuk membuat video ke dalam Shorts.

Kategori :