Saran Shin Tae-yong Buat AFC: Tolong Dong Perbaiki Kualitas Wasit!

Jumat 11-10-2024,07:40 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Shin Tae-yong tak bisa menyembunyikan rasa kesalnya terhadap kepemimpinan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf yang memimpin jalannya pertandingan antara Bahrain vs Timnas Indonesia pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu mengapresiasi permainan yang telah ditampilkan oleh kedua tim, baik Bahrain maupun Indonesia. Namun, ia menyebut kualitas wasit pada pertandingan itu cukup memalukan.

Banyak yang menyoroti kecurangan wasit Ahmed Al Kaf yang diduga memang sengaja melebihkan waktu tambahan menjadi lebih dari 6 menit. Sampai pada akhirnya skuad Garuda kebobolan oleh Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9.

Padahal sudah unggul 2-1 dan tinggal sedikit lagi mempertahankan keunggulan, tapi karena waktu tambahan yang melebihi kapasitas sampai-sampai Timnas Indonesia hanya harus puas dengan raihan satu poin lagi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA:Kagetnya Shin Tae-yong Saat Tahu Timnas Pernah Dibantai 10-0 Oleh Bahrain

Keputusan aneh wasit Ahmed Al Kaf yang cukup kontroversial sukses membuat Shin Tae-yong kesal sampai melontarkan kritikan keras kepada wasit dan juga pihak AFC.

"Kedua tim, Bahrain dan Indonesia telah melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir, tapi tetap saya harus menyebutkan tentang hal yang Anda tahu, (ada) beberapa hal yang memalukan," kata Coach STY dalam konferensi pers pada Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB.

"Dalam hal ini keputusan wasit, jadi kalau AFC mau berkembang dan keputusan wasit juga harus diperbaiki," tutur STY menambahkan.

Shin Tae-yong mengaku sangat wajar apabila melihat ada pemainnya yang merasa sangat emosi karena keputusan-keputusan aneh yang dibuat wasit di pertandingan Bahrian vs Indonesia.

BACA JUGA:Jika Timnas Indonesia Gagal Raih 6 Poin Lawan Bahrain dan Tiongkok, Shin Tae-yong Bilang Begini

Pria berusia 53 tahun itu sangat yakin semua keputusan wasit sangat bias lantaran adanya berat sebelah dalam pembelaan di atas lapangan meski sama-sama melakukan pelanggaran dengan cara yang sama.

"Jika ada yang baru saja menonton pertandingan ini dan mungkin kalian pasti mengerti, kalian tahu kenapa pemain kami marah," imbuh Shin Tae-yong.

"Anda tahu menit tambahan waktu itu enam menit, itu lebih dari sembilan menit. Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi saya pikir semua orang tahu, Anda tahu mengapa pemain kami marah di sana," sambungnya.

PSSI LAYANGKAN SURAT PROTES!

Wasit pertandingan antara Bahrain dan Timnas Indonesia, Ahmed Al Kaf, dinilai telah membuat keputusan yang sangat disayangkan dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga.

PSSI secara resmi telah mengirimkan surat protes atas kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam pertandingan tersebut kepada FIFA, federasi sepak bola dunia.

Kategori :