92% Kasus Disumbang Papua, Menkes Ungkap Tantangan Berantas Malaria

Jumat 11-10-2024,08:17 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Papua hingga saat ini masih menyumbang kasus malaria tertinggi di Indonesia.

"Indonesia masih mempunyai tantangan terbesar yaitu penyelesaian malaria di wilayah Papua yang terdiri dari 6 provinsi, dan ini menyumbang kurang lebih 92% kasus di Indonesia," ungkap Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kementerian Kesehatan (Dirjen P2P Kemenkes) Yudi Pramono di Jakarta, 10 Oktober 2024.

Diungkapkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, tantangan terbesar dari upaya ini adalah geografis dan pola hidup masyarakatnya.

"Malaria terjadi paling tinggi di Papua karena tantangan geografisnya dan tantangan penyebaran masyarakatnya yang tinggi, sehingga derajat kesulitan eliminasi malaria itu paling banyak terjadi di daerah Papua," ujar Budi ketika ditemui di kesempatan yang sama.

BACA JUGA:Eliminasi Malaria 2030, Papua Masih Sumbang Kasus Terbanyak

Oleh karena itu, pihaknya berkolaborasi dengan para stakeholder untuk upaya eliminasi malaria yang ditargetkan bebas penularan lokal pada 2030.

Salah satunya adalah PT Freeport yang berbasis di Bumi Cenderawasih tersebut.

"Kalau kita bisa menyelesaikan di seluruh kabupaten dan kota di Papua, maka eliminasi malaria akan meningkat sembilan persen. Tantangannya, Papua adalah yang paling sulit."

Selain itu, pihaknya juga mendorong riset vaksin malaria yang sesuai dengan patogen malaria yang menyebar di Indonesia.

BACA JUGA:IKN Jadi Daerah Endemi Malaria, Angka Positivity Rate 12 Persen

"Vaksinasi sudah ada yang baru keluar, tapi cocok untuk spesies di Afrika. Nah, kita coba di Indonesia, apakah bisa cocok untuk varian yang ada di Indonesia," terangnya.

Ia menyebut bahwa terkadang muncul empat varian malaria di Indonesia.

"Kalau penelitian kita bagus, pengobatan juga harus dapat menangani semua varian tersebut. Jadi, kita membutuhkan vaksin yang lebih lengkap, dengan prioritas diberikan di daerah endemik tinggi seperti Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan sedikit di Kalimantan," paparnya.

Indonesia sendiri telah berhasil menjalankan program eliminasi malaria yang dapat dilihat dari berbagai capaiannya.

BACA JUGA:Indonesia Urutan 2 Kasus Malaria Tertinggi, Paling Banyak di Papua

Kategori :