Cari Anak Putus Sekolah, Ridwan Kamil Gagas Program Tim Detektif

Jumat 11-10-2024,11:34 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), menegaskan komitmennya untuk memberantas kebodohan melalui sejumlah program inovatif.

RK akan meluncurkan program sekolah gratis, baik di sekolah negeri maupun swasta, serta membentuk tim detektif untuk mencari anak-anak yang putus sekolah.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Membangun Jakarta Butuh Kolaborasi dengan Warga

BACA JUGA:Kampanyenya Disorot Karena Melibatkan Anak-Anak, Ini Kata Ridwan Kamil

"Saya tidak ingin ada anak putus sekolah di zaman saya. Oleh karena itu, saya akan membentuk tim detektif untuk mencari anak-anak yang terpaksa berhenti bersekolah," katanya kepada wartawan di kawasan melawai, Kamis, 10 Oktober 2024.

RK, yang berpasangan dengan Suswono dalam pemilihan mendatang, berkomitmen agar mulai tahun depan, anak-anak yang kesulitan mendaftar di sekolah negeri dapat mengakses pendidikan di sekolah swasta dengan biaya yang ditanggung oleh negara.

"Kami harap bagi orang tua yang kesulitan, akan ada solusi bagi anak-anak mereka," jelasnya.

Berdasarkan data dari Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), pada tahun 2023 terdapat 9.131 anak putus sekolah di Jakarta.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Jual Karya Seni Untuk Modal Kampanye

Selain fokus pada pendidikan, Ridwan juga berencana untuk membantu masyarakat melalui program modal usaha.

"Kredit mesra tanpa agunan akan kami luncurkan, khususnya bagi mereka yang kurang mampu," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa sistem kredit kelompok ini akan memastikan adanya tanggung jawab bersama di antara para peminjam, untuk mencegah terjadinya masalah dalam pelunasan.

Kategori :