Selama Kepemimpinan Heru, Pemprov DKI Jakarta Raih 269 Penghargaan Dalam Dua Tahun Terakhir

Senin 14-10-2024,20:51 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Era kepemimpinan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menorehkan prestasi gemilang.

Terbukti, Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih 269 penghargaan, mulai dari bidang pemerintahan, pembangunan ekonomi, hingga lingkungan hidup.

BACA JUGA:Pemprov DKI Promosikan Produk UKM ke Internasional Melalui Trade Expo Indonesia

BACA JUGA:Pj Gubernur DKI Heru Catat Sejarah, Raih Piala Adipura untuk 5 Kota dan 1 Kabupaten

Jumlah tersebut didapat sejak Pj. Gubernur Heru menjabat pada pertengahan Oktober 2022 sampai dengan 1 Oktober 2024.

Heru menuturkan, raihan penghargaan ini adalah wujud nyata dari sinergi para Perangkat Daerah, stakeholder, dan masyarakat. Tentunya, akan menjadi pemantik semangat untuk capaian prestasi mendatang.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, para stakeholder terkait, dan masyarakat Jakarta yang sudah bersama-sama melakukan yang terbaik untuk Kota Jakarta. Penghargaan ini sepatutnya menjadi pemantik semangat untuk kinerja yang lebih baik lagi ke depan. Semoga kepemimpinan selanjutnya dapat meneruskan apa yang sudah dikerjakan selama ini dan mewujudkan Jakarta sebagai kota global,” ungkap Pj. Gubernur Heru, di Balai Kota Jakarta, pada Senin 14 Oktober 2024. 

Sebagai informasi, dari 269 raihan penghargaan tersebut, bidang pemerintahan memperoleh 63 penghargaan, bidang perekonomian dan keuangan meraih 83 penghargaan, bidang pembangunan dan lingkungan hidup mendapat 18 penghargaan, bidang kesejahteraan rakyat menyabet 45 penghargaan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebanyak 60 penghargaan.

Bidang perekonomian tercatat sebagai penghargaan terbanyak berkat beragam upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga pertumbuhan ekonomi daerah yang turut berdampak terhadap perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia yang diusung Heru.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat, angka inflasi Jakarta pada Agustus 2024 sebesar 1,98 persen. Jumlah ini lebih rendah 2,12 persen dibanding inflasi nasional pada Agustus 2023 secara year on year (y-on-y). Laju inflasi yang terkendali mengantarkan Pj. Gubernur Heru meraih penghargaan Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah untuk tingkat Provinsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam kategori Apresiasi Khusus Fiskal Sangat Tinggi pada Agustus 2024.

BACA JUGA:Pemprov DKI Percepat Penanggulangan Kemiskinan, Target 2026 Kemiskinan Turun 2,91%

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta juga meraih penghargaan TPID Terbaik Kategori Provinsi di Jawa dan Bali dalam TPID Awards. Penghargaan tersebut diberikan Presiden RI Joko Widodo kepada Pj Gubernur Heru pada 31 Agustus 2023.

Penghargaan prestisius lainnya di bidang ekonomi yang diraih Pemprov DKI Jakarta adalah peningkatan digitalisasi transaksi daerah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Pada 2023, Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik I Tingkat Provinsi Wilayah Jawa.

Kemudian, pada 2024, Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan TP2DD Terbaik II Tingkat Provinsi Jawa-Bali. Penghargaan ini merupakan hasil sinergi serta inovasi dari 45 instansi anggota TP2DD.

Bidang pemerintahan turut menunjukkan kinerja yang baik. Pemprov DKI Jakarta mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Predikat ini berkat optimalisasi realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kategori :