Rekam Jejak Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti yang Ditunjuk Jadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Jawab Permintaan Masyarakat?

Rabu 16-10-2024,11:49 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID -- Abdul Mu'ti ditunjuk oleh Presiden Terpilih Prabowo menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah pada pertemuan keduanya di Kertanegara, Senin, 14 Oktober 2024.

Ia merupakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah yang juga akademisi sebagai Guru Besar Prodi Pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rekam jejaknya di bidang pendidikan juga sangat kuat. Termasuk organisasi Muhammadiyah itu sendiri yang mengelola berbagai lembaga pendidikan Islam.

BACA JUGA: Abdul Mu'ti Ditunjuk Jadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Pengamat: Semoga Jadi Angin Segar

Di organisasi tersebut, Mu'ti pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah (2002-2006) dan Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah (2005-2010).

Terbaru, ia bahkan aktif sebagai Indonesia-US Council on Religion and Pluralism (2016-sekarang) serta Ketua Umum Indonesia Conference on Religion and Peace (ICRP) periode 2023-2028.

Dewi Rahmawati dari The Indonesian Institute menilai bahwa latar belakang pendidikan yang kuat ini dapat membantunya merumuskan dan memperbaiki arah pendidikan Indonesia.

"Dengan latar belakang organisasi seperti Muhammadyah yang selama ini berfokus pendidikan dan kesehatan tentunya akan membantu beliau dalam memastikan masyarakat indonesia untuk memperoleh akses pendidikan dasar," terang Dewi kepada Disway, 15 Oktober 2024.

Penunjukan menteri pendidikan yang sesuai bidangnya juga menjadi sorotan sejumlah pihak, termasuk masyarakat lantaran berbagai polemik yang masih menyelimuti peendidikan di Indonesia, mulai dari kurikulum, akses pendidikan, hingga kesejahteraan guru.

BACA JUGA:Muhammadiyah Amankan Satu Kursi, Abdul Mu'ti Diminta Prabowo Jadi Mendikdasmen

"Masyarakat tentunya berharap agar menteri yang ditempatkan sesuai dengan kapasitas dan kompetensi, dan hal tersebut harus dibuktikan dengan kebijakan yang dihasilkan nantinya," tambahnya.

Dalam hal ini, Mu'ti mengemban tanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia termasuk masalah pendidikan.


Abdul Mu'ti - @abe_muti/Instagram-

Oleh karena itu, ia berharap tokoh Muhammadiyah tersebut dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia, "Khususnya pekerjaan rumah pemerintah saat ini adalah agar masyarakat Indonesia dapat memperoleh akses dan menyelesaikan pendidikan dasar."

"Selain itu, menteri yang baru memiliki pekerjaan rumah terutama dalam membangun arah hasil pendidikan di indonesia."

Kategori :