Membludak Saat Pelantikan Prabowo, KAI Tambah 104 Perjalanan LRT Jabodebek

Jumat 18-10-2024,16:20 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penumpang LRT akan membludak pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Selain ada acara kenegaraan di MPR, pesta rakyat akan digelar dalam perayaan pelantikan tersebut.

Antasipasi membludaknya penumpang seiring antusias masyarakat menghadiri pesta rakyat, KAI akan menambah perjalanan LRT Jabodebek.

BACA JUGA:Daftar Lengkap Musisi di Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo-Gibran Berikut 14 Lokasi Panggungnya 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan sebagai bagian dari rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, KAI akan mengoperasikan 364 perjalanan LRT Jabodebek.

Perjalanan ini kata Anne meningkat dari yang sebelumnya 260 perjalanan.

Hal ini guna mengantisipasi peningkatan mobilisasi masyarakat di Kolidor antara Harjamukti / Jatimulya - Cawang - Dukuh Atas.

"Dengan headway 11 menit pada lintas Jatimulya / Harjamukti - Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas, KAI memastikan mobilitas masyarakat yang lebih lancar, terutama yang menuju area Pesta Rakyat di sekitar Jl. Sudirman, Jl. Thamrin, dan Jl. Merdeka Barat,” ungkap Anne Jumat 18 Oktober 2024.

Lebih lanjut kata Anne, pada Sabtu-Minggu (19-20) Oktober, KAI Commuter akan mengoperasikan layanan pola operasi perjalanan Commuterline mengacu pada pola operasi hari kerja dengan 1.048 perjalanan. 

BACA JUGA:Gelar Pasukan di Monas, Panglima TNI Pastikan 36 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

KAI juga berkolaborasi dengan Polda Metro untuk mengamankan stasiun-stasiun yang ada di Jakarta. 

Total ada 152 personel pengamanan yang akan mengamankan Stasiun KA JJ terdiri dari 82 dari KAI dan 70 dari Polda Metro. 

"Personel pengamanan ekstra juga disiagakan di beberapa stasiun Commuterline dan LRT Jabodebek seperti di Sudirman, Gondangdia, Palmerah, Tanah Abang, Manggarai, dan Dukuh Atas," terang Anne.

Anne berharap seluruh penumpang kereta api maupun Commuterline di Jakarta tetap mengutamakan aspek keselamatan. 

"Selain itu, seluruh masyarakat yang akan hadir pada pelantikan senantiasa menciptakan suasana yang harmonis, saling menghormati, dan menjaga keamanan bersama demi kelancaran rangkaian acara,” tandas Anne. 

Kategori :