Amar Bank Siap Komitmen Penuh Jelang Ekonomi Digital 2025

Kamis 20-03-2025,12:21 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

“Peran perbankan digital semakin krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Perbankan digital menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi dengan mempercepat akses keuangan bagi masyarakat dan pelaku usaha. Untuk memastikan keberlanjutan dan inovasi sektor ini, diperlukan regulasi yang adaptif, pengamanan data yang ketat, serta edukasi nasabah,” jelas dia, saat acara media briefing Amar Bank pada Kamis (20/3).

Optimisme Amar Bank di 2025

Sejalan dengan pandangan Nailul Huda, Amar Bank meyakini bahwa kemajuan teknologi digital dan peningkatan inklusi keuangan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih positif di tahun 2025. Dengan mengusung inovasi berbasis teknologi, Amar Bank berkomitmen untuk memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat, terutama para pelaku UMKM.

Hal ini selaras dengan temuan CELIOS yang menunjukkan bahwa porsi  kredit perbankan secara keseluruhan untuk UMKM saat ini baru mencapai 20 persen dari target 30 persen. Perbankan digital dapat berperan penting dalam menjembatani kesenjangan ini dengan menghadirkan akses pembiayaan yang lebih cepat, mudah, dan inklusif, sehingga mendorong pertumbuhan UMKM dan perekonomian secara keseluruhan.

David Wirawan, SVP Finance Amar Bank, mengatakan, perusahaan telah mencatat pertumbuhan profitabilitas yang stabil dan berkelanjutan di 2024, dengan penyaluran kredit dikontribusikan sebagian besar dari Tunaiku. Pencapaian ini didukung oleh strategi penyaluran kredit dengan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko yang kuat, memastikan rasio NPL tetap sehat dan kualitas kredit terjaga. 

"Pencapaian ini membuat kami tetap optimis di 2025. Ke depan, kami akan fokus dalam melanjutkan penyaluran kredit yang prudent khususnya ke segmen UMKM, memperluas kerjasama dengan mitra terpercaya, meningkatkan penghimpunan DPK dan CASA, serta terus meningkatkan efisiensi biaya operasional melalui penerapan otomatisasi robotic process automation (RPA) dan AI," tambah David

Amar Bank terus memperkuat produk dan layanan digital, memperluas ekosistem pembayaran, dan menghadirkan lebih banyak inovasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. “Melalui aplikasi Amar Bank yang mengadopsi teknologi AI yang dipersonalisasi, serta Tunaiku dari Amar Bank yang telah menjadi pionir di segmen pinjaman digital sejak 2014, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital-first yang seamless bagi nasabah, baik perorangan maupun UMKM,” ungkap SVP Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu.

Sementara itu, sebagai salah satu pelaku utama dalam industri ini, Amar Bank terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi mutakhir seperti Artificial Intelligence (AI) dan Big Data untuk meningkatkan pengalaman nasabah. Kevin Kane, Chief Technology Officer Amar Bank, menjelaskan bahwa pemanfaatan AI di Amar Bank membantu personalisasi layanan, meningkatkan keamanan melalui sistem deteksi fraud yang canggih, serta mempercepat proses persetujuan pinjaman dengan credit scoring yang lebih akurat.

“Teknologi adalah kunci utama perbankan digital. Amar Bank berinvestasi dalam infrastruktur digital seperti cloud computing, integrasi API, dan Software Development Kit (SDK) untuk memastikan layanan yang lebih fleksibel dan scalable. Keamanan data menjadi prioritas kami dengan menerapkan sistem enkripsi tingkat tinggi serta proteksi data yang ketat,” jelas Kevin.

Rangkaian komitmen ini juga sejalan dengan tagline #AmandenganAmar dimana sebagai upaya Amar Bank untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan perbankannya. Melalui kampanye ini, Amar Bank mengedukasi masyarakat tentang keamanan, transparansi, dan kemudahan layanan perbankan digital mereka, dengan tujuan menciptakan hubungan yang aman dan saling menguntungkan dengan nasabah.

Tags : #amar bank
Kategori :