Lion Parcel Perkuat Operasional Pengiriman, Antisipasi Peak Season Akhir Tahun

Jumat 12-12-2025,12:17 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

Menjelang akhir tahun, tren pengiriman di Indonesia umumnya menunjukkan kenaikan yang dipicu oleh puncak kampanye belanja tanggal kembar 12.12 serta aktivitas pengiriman hadiah Natal dan Tahun Baru.

Pada periode 12.12, peningkatan didorong oleh tingginya aktivitas UMKM dan online seller yang memanfaatkan kampanye akhir tahun untuk meningkatkan penjualan.

Kenaikan permintaan juga biasanya terjadi menjelang pay day, ketika pelanggan berbelanja kebutuhan akhir tahun dan momen liburan.

Berdasarkan tren pengiriman Lion Parcel, komoditas yang banyak dikirim di momen akhir tahun selama tiga tahun terakhir didominasi oleh produk fesyen seperti pakaian, tas, dan aksesoris.

BACA JUGA:Ditutup Anjlok, Analis Prediksi IHSG Hari Ini Masih Loyo

BACA JUGA:Savyavasa Gaet Maestro Teguh Ostenrik, Hadirkan Kolaborasi Kriya Bernapas Keberlanjutan

Hal ini didorong oleh tingginya aktivitas UMKM dan online seller di bidang fesyen yang mendorong penjualan melalui berbagai promo dan diskon.

Selain itu, Lion Parcel juga mencatat tingginya pengiriman komoditas spare part di momen akhir tahun.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas persiapan liburan, di mana banyak pelanggan melakukan servis dan perawatan kendaraan sebelum melakukan perjalanan,

Sehingga kebutuhan penggantian berbagai komponen dan suku cadang ikut bertambah.

BACA JUGA:AgenBRILink Perkuat Inklusi Keuangan, Permudah Akses Layanan Perbankan bagi Masyarakat di Perbatasan

BACA JUGA:Promo JSM Alfamart Terbaru 12-14 Desember 2025, Diskon Kopi Luwak Cuma Rp7 Ribuan

“Peningkatan pengiriman biasanya paling tinggi terjadi di wilayah Jabodetabek, disusul kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Medan. Oleh karena itu, Lion Parcel memfokuskan optimalisasi operasional di area-area tersebut untuk memastikan layanan tetap lancar selama periode peak season ini,” jelas Fadli.

Selain penguatan operasional, Lion Parcel juga melakukan optimalisasi dari sisi customer experience dengan memperkuat aspek people dan system.

Dari sisi people, tim layanan pelanggan dipersiapkan untuk memberikan respon yang lebih cepat dan informatif.

Sementara dari sisi system, Lion Parcel meningkatkan kapabilitas teknologi dan sistem pendukung agar pelanggan dapat memperoleh informasi dengan lebih transparan dan akurat.

Kategori :