Mulai Hari Ini, Arus Balik Lebaran 2022 Akan Meningkat, Ini Persiapan Korlantas Polri

Mulai Hari Ini, Arus Balik Lebaran 2022 Akan Meningkat, Ini Persiapan Korlantas Polri

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan-Ntmcpolri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mulai hari ini, Kamis 5 Mei 2022, Korlantas Polri memprediksi peningkatan kendaraan arus balik lebaran 2022 akan mengalami peningkatan.

Diungkap oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, ia menyampaikan saat rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka antisipasi arus balik lebaran 2022.

Melalui virtual zoom meeting, Rabu 4 Mei 2022 di GT Kalikangkung, Semarang, Brigjen Aan selaku Pamatwil Operasi Ketupat 2022 memberikan paparan singkat, terkait evaluasi dan kesiapan menyambut arus balik lebaran 2022. 

Diprediksi bahwa akan terjadi peningkatan arus balik lebaran 2022 mulai tanggal 5-6 Mei 2022 dan puncak arus balik pada 7-8 Mei 2022.

BACA JUGA:Magis Santiago Bernabeu Runtuhkan Taktik Guardiola Atasi Real Madrid

“Keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

"Setidaknya ada beberapa strategi yakni strategi manajemen media, penambahan kapasitas lajur, strategi pengurangan volume kendaraan melalui ganjil genap, strategi penempatan personel pada titik permasalahan, dan rest area,” ujar Dirgakkum.

Berdasarkan temuan saat arus mudik yang menyebabkan perlambatan hingga berakibat kemacetan saat arus mudik lebaran 2022 kemarin, langsung menjadi bahan evaluasi Korlantas bersama stakeholder.

Dirgakkum Korlantas Brigjen Aan merinci perlambatan selama arus mudik diakibatkan mulai dari kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya di U-Turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan one way maupun contra flow di ruas tol, pengemudi berhenti di bahu jalan juga perlambatan arus kendaraan menjelang rest area.

BACA JUGA:Real Madrid Bersua Liverpool di Final Liga Champions 2022, Man City Terhempas di Bernabeu

“Tolong terus diinformasikan kepada masyarakat untuk menyiapkan kendaraannya. Karena hal ini mengganggu arus dibelakang.

"Kemudian tolong personel mengamankan pada titik U-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) mengantisipasi perlambatan-perlambatan saat arus balik. Dipatroli terus, di woro-woro terus,” terangnya.

Lanjutnya untuk persiapan arus balik, Dirgakkum menerangkan telah menyiapkan CB (cara bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat arus balik nanti diantaranya pemberlakuan oneway ganjil-genap dan contraflow.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat. Artinya masyarakat sudah tahu bahwa jadwal oneway ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: