Lepas Keripik Jengkol ke Jepang

Lepas Keripik Jengkol ke Jepang

INDUSTRI halal di Indonesia punya harapan yang cerah. Produk-produk Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) halal dari Indonesia bisa diterima di seluruh dunia. Kemarin, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin  melepas ekspor produk halal UMKM ke-101 ke Jepang.

Pelepasan itu dilakukan di Kawasan Industri Halal (KIH), Safe and Lock Halal Industrial Park, Sidoarjo. Produk yang diekspor antara lain kerupuk jengkol, keripik tempe, keripik sagu, keripik bawang, dan palm sugar.

"Standar halal Indonesia bisa diterima di seluruh dunia. Itu sudah membanggakan, Ke depan packaging produk UMKM halal bisa lebih bersaing dengan industri besar," kata Ma'ruf Amin yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Perhatian Ma'ruf Amin terhadap pengembangan produksi halal dari UMKM sangat besar. Mantan Rais Am PB NU itu berharap banyak Kawasan Industri Halal di Sidoarjo bisa mendongkrak ekonomi syariah di Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Halal Industrial Park Sidoarjo dikhususkan bagi Industri kecil Menengah. Dia optimistis kawasan Industri Halal pertama di Indonesia itu bisa menjadi support system untuk produksi dan industri halal. “Karena Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia berpeluang besar mengambil kesempatan. Yakni untuk menghasilkan produk-produk halal,” jelasnyi. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 0