Mantan Menag Sebut Azyumardi Sosok Cendekiawan Sejati: Tak Pernah Tergoda Jabatan di Birokrasi dan Politik

Mantan Menag Sebut Azyumardi Sosok Cendekiawan Sejati: Tak Pernah Tergoda Jabatan di Birokrasi dan Politik

Mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Almarhum Azyumardi Azra disebut sosok yang menginspirasi oleh beberapa kalangan dan kerabat.

Mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok almarhum tersebut.

"Almarhum itu orang besar tentu banyak sisi yang bisa kita teladani yang bisa kita ambil pelajaran darinya karena beliau sangat menginspirasi selain juga sangat mencerahkan," katanya kepada Wartawan disway.id, Senin 19 September 2022.

BACA JUGA:Jenazah Azyumardi Azra Tiba di Rumah Duka, Dimakamkan di TMP Kalibata Hari Ini

Selain itu, dirinya menilai Azyumardi sosok yang cendekiawan sejati dan tidak tergoda oleh jabatan politik.

"Yang pasti semua orang mengatakan dan juga bagi saya bahwa beliau itu adalah cendekiawan sejati jadi akademisi tulen yang memang sama sekali tidak pernah tergoda dengan jabatan-jabatan di birokrasi atau di organisasi politik atau di wilayah wilayah politik praktis," ungkapnya.

"Beliau konsisten dan sangat istiqomah untuk tetap menekuni dunia akademik dan itu terbukti dari kiprah beliau sampai sepanjang hayatnya dan sampai ajal menjumpai beliau," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pers Prof DR Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia, Minggu 18 September 2022.

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (16) - Teror di Radio

Kabar meninggalnya tersebar luas melalui pesan Whatsapp pada siang ini.

"Innalillahi Wainnaillahi Rojiun. Telah meninggal Ketua Dewan Pers, cendekiawan muslim Prof.Dr. Azyumardi Azra, CBE, setelah sakit dan sempat mendapat perawatan di Malaysia. Turut Berduka Cita Sedalam Dalamnya, Semoga Arwah Almarhum Ditempatkan Yang Mulia di sisi Allah SWT, Alfatihah," bunyi pesan singkat yang beredar di kalangan media.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan juga turut menyampaikan kabar meninggalnya mantan Rektor Universitas Islam Negeri itu.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Prof. Dr. Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," katanya.

BACA JUGA:7 Political Brief 2024 Bocor?

Sumber: