KIB Usung Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Pengamat: Paten!

KIB Usung Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Pengamat: Paten!

Ketua Umum Partai Golkar didampingi jajaran pengurun DPP Partai Golkar.-Foto: Airlangga Hartarto -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie menyebut peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengarah pada penetapan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Beberapa indikasi ini ditunjukan oleh Partai Golkar saat puncak Harlah ke-58 beberapa hari lalu. Saat itu Airlangga menyebut Ridwan Kamil yang hadir pada gelaran HUT yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Sinyalnya demikian bung. Ini koalisi paten, Airlangga-Ridwan Kamil. Saya pikir dua tokoh ini layak di sandingkan pasalnya keduanya punya kemampuan yang mumpuni," terang Jerry Massie kepada Disway.id, Selasa 25 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Jokowi: Pilih Capres Jangan Sembrono, Sindir Surya Paloh Nih?

Ridwan mewakili Jawa Barat dengan jumlah pemilih terbesar di Pulau Jawa yang hampir menembus mencapai 34 juta. Sebaran ini dukungan di Jawa Barat ini akan meluas dan bertambah dengan kerja-kerja politik yang dilakuan Partai Golkar di daerah. 

"Ini belum termasuk, kerja PAN dan PPP sebagai teman koalisi. Ini realistis dan bukan hal sulit bagi KIB jika hanya mengumpulkan 50 juta suara saja dalam waktu dekat," terang Jerry.    

Soal pengalaman, koalisi ini tak bisa diragukan lagi. Sudah ditempa dengan fase gelaran Pilpres sebelumnya, yang secara jelas menyita waktu, energi dan finansial yang tidak sedikit.  

"Baik Partai Golkar, PAN dan PPP kemampuannya tak dapat diragukan lagi. Demikian pula dnegan sosok Airlangga. Dua kali menteri lho, dua kali pula ketua umum. Sementara Ridwan Kamil memiliki basis massa yang relevan," papar Jerry.

BACA JUGA:Merapat KIB, PSI Tegaskan Tak Gabung Koalisi Nasdem CS

Pemilih tradisional Golkar masih banyak di era Soeharto pada waktu kejayaan partai berlambang beringin ini.

"Ya bisa saya katakan, lawan-lawan bakal panik jika KIB memilih duo maut ini untuk disandingkan, dan saya kira PPP dan PAN bakal setuju," imbuhnya.

Partai Golkar hebatnya di pengkaderan dan solidiitas partai. Keduanya akan saling bahu membahu dalam membangun bangsa apalagi beredar kabar Ridwan akan hengkang ke Golkar.

"Sisi empiris, Golkar punya banyak pengalaman dan dia sudah melahirkan anak politik ada Nasdem, Gerindra, Hanura sampai PKPI," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: