Garut Digoyang Gempa Magnitudo 5,3, Getaran Terasa ke Cianjur hingga Sukabumi

Garut Digoyang Gempa Magnitudo 5,3, Getaran Terasa ke Cianjur hingga Sukabumi

Gempa Besar Guncang Perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan Berkekuatan M 7,0-pixabay@Tumisu-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat pada pukul 20.18 WIB, Sabtu 12 November 2022. 

Berdasarkan keterangan resmi BMKG, gempa tersebut bermagnitudo 5,3. 

"Gempa Mag:5.3, 12-Nov-22 20:18:45 WIB, Lok:8.18 LS,107.36 BT (122 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami," tulis akun resmi BMKG di twitter.

Pada waktu bersamaan, BMKG juga merilis gempa dengan kekuatan 4,9 di Garut pada pukul 19.29 WIB.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 km Barat Daya Kab. Garut, Jawa Barat pada kedalaman 16 km," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hartanto.

Lebih lanjut Hartanto menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif dasar laut di lempeng Eurasia atau intraplate earthquake.

Adapun dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Cianjur, Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI.

Pada skala tersebut getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara, di Kabupaten Bandung dengan skala intensitas I-II MMI dengan getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang dan getaran dirasakan oleh beberapa orang, sementara benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: