Bamsoet Pastikan Gelaran Formula E Tak Pakai Dana APBD

Bamsoet Pastikan Gelaran Formula E Tak Pakai Dana APBD

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memastikan dana yang dipakai untuk gelaran Formula E akan memakai dana non Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Kita sepakat bahwa dana nanti yang dipakai untuk Formula E non APBD harus sepenuhnya swasta dan sponsor," kata pria yang akrab disapa Bamsoet di Balaikota, Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

Dengan demikian, ia memastikan jika sponsor untuk gelaran Formula E berasal dari pihak swasta. Sehingga, ia tidak menggandeng pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"(Sponsor) swasta," ujar dia. 

BACA JUGA:Gagal Juara AFF 2022 hingga Desakan Mundur Menggema, Shin Tae-yong: Saya Akan Kembali?

Kendati demikian, ia menyerahkan secara keseluruhan mengenai teknis keselamatan hingga pelaksanaan gelaran acara Formula E kepada IMI. 

"Kalau ini pasti akan steering commitee karena secara teknis pemegang hak Formula E menyerahkan teknisnya kepada IMI sebagai penanggung jawab teknis keselamatan sekaligus teknis balapnya daripada Formula E. Tapi untuk pelaksanaannya itu panitianya adalah dibawah kewenangan Jakpro," tutur dia. 

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mempersilahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) apabila ingin menjadi sponsor dari gelaran Formula E yang akan mendatang. 

"Silakan saja, kalau sponsor mau, monggo saja," kata Heru di kantornya, Senin, 9Januari 2023.

Kendati demikian, Heru enggan berbicara lebih detail terkait sponsor untuk Formula E tersebut. Ia lebih menyerahkan semuanya kepada Jakpro. 

"Itu kan bisnis, dong. Bagaimana (Jakpro mengajukan) proposalnya, silakan saja," ujarnya.

BACA JUGA:Jelang Sidang Tuntuan, Ferdy Sambo Berharap Ada 'Keadilan'

Sebagai informasi,Formula E Operation (FEO) telah memasukkan jadwal penyelenggaraan di Jakarta pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023 dalam kalender balapannya.

"2023 masuk kalender race FEO yang diumumkan resmi melalui webnya. Perhelatan diselenggarakan selama 2 hari, tentatif, 3 dan 4 Juni," kata VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo Syachrial Syarif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: