BMKG Ungkap Penyebab Gempa Magnitudo 4,3 Cianjur Selasa Dini Hari Tadi

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Magnitudo 4,3 Cianjur Selasa Dini Hari Tadi

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 kembali guncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa 24 Januari 2023 dinihari pukul 02.45 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa itu diakibatkan aktivitas Sesar Cugenang.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," tulis BMKG dalam keterangannya.

BACA JUGA:Cianjur Gempa Lagi, Terbaru Hari Ini 24 Januari 2023, BMKG Ungkap Penyebabnya

Menurut BMKG, dalam gempa tersebut episenter gempat terletak pada koordinat 6,82 derajat Lintang Selatan dan 107,07 Bujur Timur. 

"atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km Barat Laut Kabupaten Cianjur, Jabar pada kedalaman 10 km," ujarnya.

Gempa dirasakan di wilayah Ckalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang, dan Karangtengah dengan Skala Intensitas III - IV MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi," tulis BMKG.

BACA JUGA:Gempa Besar M 7,1 Guncang Melonguane Sulawesi Utara, Berpotensi Tsunami? BMKG Beri Keterangan Begini

Selain itu, gempa juga dirasakan di Purwarkarta dengan Skala Intensitas III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Tak hanya itu, gempa pun terasa di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok dengan Skala Intensitas II MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tulis BMKG.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: