Polri Kirim 26 Personel Bantu Gempa Turki, Ada Tim Medis hingga K9

Polri Kirim 26 Personel Bantu Gempa Turki, Ada Tim Medis hingga K9

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengirimkan 26 personelnya untuk membantu bencana alam gempa bumi di Turki. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengirimkan 26 personelnya untuk membantu bencana alam gempa bumi di Turki

Kontingen tersebut terdiri dari Itwasum, Pusdokkes, Brimob, Divhumas dan Divhubinter Polri yang akan dipimpin oleh Perwira Tinggi Polri Brigjen Gatot Tri Suryanta dan Atase Polri di Ankara Turki Kombes Pol Purwanto Puji Sutan yang akan bergabung sebagai Perwira Penghubung bagi Kontingen Polri selama berada di Turki. 

Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan pengiriman bantuan ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa Indonesia dalam melaksanakan tugas solidaritas internasional akan mengirimkan satuan tugas yang akan dikoordinasikan dengan BNPB dan Basarnas.

BACA JUGA:Immanuel Ebenezer Jamin Pembubaran Relawan Ganjar Pranowo Mania Tak Ada Intervensi Jokowi dan PDIP

BACA JUGA:Marselino Ferdinan Pilih ke Belgia, Shin Tae-yong: Harusnya Sabar!

"Polri mengirimkan tiga unsur yakni tim medis, DVI dan tim K9. Dengan total personel sebanyak 26 orang," kata Arief usai melepas para kontingen di lapangan Baharkam Polri, Kamis, 9 Februari 2023.

Tim medis nantinya bakal berjumlah 10 orang. Tim ini terdiri dari tiga dokter umum, satu dokter spesialis ortopedi, dan satu dokter spesialis hingga perawat ahli.

Sementara itu, Tim DVI akan berjumlah tujuh orang. Tim ini terdiri dari dokter spesialis forensik hingga perawat ahli.

"Tim K9 sementara oleh Basarnas diminta dua unit dengan pawang empat orang," katanya.

Untuk anjing pelacak sudah kami lengkapi baju penghangat dan bantalan hangat," sambungnya.

BACA JUGA:Terungkap Alasan Erma Diturunkan Jabatannya Usai Viral Video 'Pabrik Elit Bayar Lembur Syulit'

BACA JUGA:Relawan Ganjar Pranowo Mania Dibubarkan, Immanuel Ebenezer: Kita Akan Merumuskan Langkah-Langkah Politik

Dalam kesempatan ini, Arief menuturkan, pengiriman bantuan personel ini adalah sebagai bentuk respons cepat dan kepedulian Polri dalam misi kemanusian untuk dunia.

"Pimpinan Polri sudah mempersiapkan semua perlengkapan kebutuhan rekan-rekan pada saat misi di sana. Jaga kondisi kesehatan, keselamatan karena situasi yang dihadapi adalah bencana pasca gempa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: