Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Terjadi Hari Ini, Ribuan Kendaraan Menyeberang dari Sumetara

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Terjadi Hari Ini, Ribuan Kendaraan Menyeberang dari Sumetara

4.000 kendaraan pemudik dilaporkan telah menyeberan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni-Foto/Dok/NtmcPolri-

LAMPUNG, DISWAY.ID-- Kendaraan bermotor roda empat dan bus terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin 01 April 2023.

Peningkatan volume kendaraan tersebut seiring prediksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) adanya puncak arus balik libur lebaran 2023 gelombang kedua terjadi hari ini hingga tiga hari ke depan.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan Bakauheni akses penyeberangan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

BACA JUGA:Warga Baduy Ritual Seba ke Bupati dan Gubernur Banten

Berdasarkan data 12 jam dari Posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menujukan jumlah penumpang kendaraan roda dua sebanyak 10.025 unit, dan untuk kendaraan mobil sebanyak 8.440 unit, serta bus 232 unit.

General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari agar arus balik berlancar lancar.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata Rudi.

Diketahui, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan aturan skema baru mengenai pengalihan pelayanan pelabuhan di lintas Bakauheni, Merak sesuai dengan tipe kendaaran.

Ada beberapa tipe kendaraan yang tidak boleh menyeberang selama arus balik Lebaran dan aturan baru ini telah ditetapakan sebagaimana dengan arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan sesuai dengan arahan dari Kemenhub akan dilakukan pengalihan pelayanan pelabuhan berdasarkan dengan tipe kendaraan.

BACA JUGA:Youtuber asal Korea Selatan Mualaf dan Mau Nikahi Putri Bupati Irna, Kapan Sunat? Jawabnya Ternyata..

Di antaranya Pelabuhan Bakauheni akan melayani penyeberangan pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, bus dan truk golongan VB.

Sedangkan, untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII, dan IX akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Indah Kiat.

Adapun aturan penerapan pengalihan pada arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 akan berlaku mulai dari tanggal 24 April sampai dengan 30 April 2023.

Lalu, untuk tambahan layanan kendaraan roda dua juga akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 29 sampai 30 April 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: