450 Unit Bus Shalawat Angkut Jemaah Haji Indonesia Selama di Makkah

450 Unit Bus Shalawat Angkut Jemaah Haji Indonesia Selama di Makkah

Armada Bus Shalawat untuk jemaah haji Indonesia di Makkah.-kemenag RI-

MAKKAH, DISWAY.ID-- Sebanyak 450 unit Bus Shalawat memberikan pelayanan angkutan selama Jemaah Haji Indonesia di Makkah Al Mukarramah, Saudi Arabia.

Layanan transportasi tersebut untuk memudahkan mobilisasi jemaah haji Indonesia dari Hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya.

Bus Shalawat tersebut melayani jamaah yang tersebar di 11 sektor dari Mahbas Jin, Raudlah, Jarwal, Misfalah hingga yang terjauh kawasan Syisah.

BACA JUGA:3 Persiapan PPIH Sambut Jemaah Haji Indonesia di Makkah Al Mukarramah

Keberadaan 450 unit Bus Shalawat tersebut, mendukung kelancaran ibadah haji di samping adanya 230 orang petugas yang disiapkan untuk memfasilitasi mobilitas serta aktivitas jamaah.

Kepala Daerah Kerja (Dakker) Makkah Khalilurrahman mengatakan bahwa semua armada transportasi shalawat sudah beroperasi bersamaan dengan kedatangan jamaah pada 1 Juni 2023.

“Malam ini ada lima Kelompok terbang (kloter) yang akan tiba di Makkah, ada tiga kloter pukul 20.00 WAS akan tiba Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC) 01, Makassar (UPG) 01 dan dua pukul 22.00 WAS Aceh kloter (BTJ 01) dan Medan (KNO 01),” ujar Khalil saat simulasi penggunaan bus Shalawat di Makkah, Kamis 1 Juni 2023.

“Untuk menyambut kedatangan jamaah, hari ini semua petugas transportasi sudah mulai menempati posnya masing-masing dan siap melayani jamaah 24 jam penuh,” imbuhnya dikutip dari laman Kemenag.

Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengungkapkan kesiapan tim Daerah Kerja (Daker Makkah) untuk menyambut jemaah.

BACA JUGA:Demokrat Kubu Moeldoko Desak Denny Indrayana Ditangkap, Terkait Kebocoran Putusan MK dan Soal Ini

“Insya Allah, PPIH Arab Saudi siap menyambut jemaah haji Indonesia di Makkah,” terang Subhan di Makkah, Kamis 1 Juni 2023.

Ada lima kloter yang tiba di Makkah pada hari pertama kedatangan. Total ada 1.987 jemaah yang tersebar di lima kloter, yaitu masing-masing kloter pertama pada Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Makassar (UPG 01), Aceh (BTJ 01), dan Medan (KNO 01). Tiga kloter pertama diperkirakan tiba di Makkah pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah JKG 01 menempati Hotel Al-Wihdah Al-Mutamayyizah yang berada di wilayah Jarwal (sektor 9). Jemaah kloter SOC 01 menempati Hotel Jawharat Al Tawhied di Raudhah/Misfalah (Sektor 10). Sedang jemaah UPG 01 menempati Hotel Yaqup Al-Quqandi di wilayah Syisyah (sektor 3). Kedatangan disusul dua kloter berikutnya, BTJ 01 dan KNO 01, dan sama-sama akan menempati hotel di wilayah Jarwal.

Menurutnya, setidaknya ada tiga hal yang sudah dipersiapkan untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Makkah. Pertama, menyiapkan 108 hotel minimal setara bintang tiga. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu: Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: