Ridwan Kamil Diplotting Jadi Cagub, DPD Golkar Tegaskan Zaki Iskandar di DKI Jakarta: Jangan Diganggu Dong!

Ridwan Kamil Diplotting Jadi Cagub, DPD Golkar Tegaskan Zaki Iskandar di DKI Jakarta: Jangan Diganggu Dong!

Ganjar Pranowo (Tengah) bersama Ridwan Kamil (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka.-Pemprov Jabar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil santer digadang-gadang menjadi bakal calon wakil presiden (Cawapres).

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno disebut sempat menawarkan posisi bakal Cawapres kepada Ridwan Kamil dengan alasan untuk mendongkrak elektabilitas Capres Ganjar Pranowo di Jawa Barat.  

Selain Megawati, Ridwan Kamil juga digadang-gadang untuk menjadi bakal cawapresnya Prabowo Subianto. Apalagi Prabowo dan RK, sapaan karib Ridwan kamil, sudah bertemu empat mata yang diduga terkait hajatan Pilpres mendatang.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bertemu Mega, Dilanjut Makan Bareng Prabowo, Golkar Bergegas Tegaskan RK Bukan Bacawapres

Adanya gelagat RK santer digadang-gadang sebagai bakal cawapres itu, DPP Golkar bergegas menegaskan bahwa Ridwan Kamil tidak dipersiapkan untuk menjadi bakal cawapres 2024 ini.

RK, sebut Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum DPP Partai Golkar, dipersiapkan untuk calon gubernur (Cagub).

"Pak RK (Ridwan Kamil) posisinya sebagai gubernur ya, oke. Gubernur (provinsi) apa, Pak RK sendiri yang pilih," kata Airlangga Hartarto, Kamis 14 September 2023.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia juga menyebutkan, DPP tidak mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai Bacawapres, tetapi diplotting sebagai Cagub.

"Kami juga sudah punya planning buat RK (Ridwan Kamil), kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta," kata Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 11 September 2023.

BACA JUGA:Jelang Persita Vs Arema FC, Pelatih Anyar Divaldo Alves Yakin Pendekar Cisadane Bangkit

Atas sinyalemen tersebut, DPD Golkar DKI Jakarta bereaksi agar RK fokus di Jawa Barat. Jika akan menjadi cagub, maka di Jabar dan bukan di DKI Jakarta.   

Pasalnya, Pilkada serentak nantinya, Golkar DKI Jakarta akan mengusung Zaki Iskandar.

Zaki Iskandar merupakan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta dan Bupati Tangerang dua periode.

"Calon (gubernur) kita saat ini sesuai musda dan rekerda, yaitu Ahmad Zaki Iskandar. Dan kita setiap kader dan caleg juga sosialisasinya itu," kata Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco kepada wartawan, Jumat 15 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: