Survei PRC di Jawa Timur: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies

Survei PRC di Jawa Timur: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies

Capres 2024/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Politika Research and Consulting (PRC) menggelar survei terhadap tiga bakal calon presiden di Jawa Timur. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul dan elektabilitas Anies Baswedan naik.

Survei melibatkan 1.200 responden dari 38 kabupaten/kota di Indonesia dengan wawancara tatap muka pada 7-12 September 2023.

Tingkat kepercayaan mencapai 95% dengan margin of error 2,7%. Dari data PRC, Ganjar Pranowo meraih 40,4%.

BACA JUGA:Sasaran Operasi Zebra Jaya Selama 2 Pekan yang Dimulai Hari Ini

"Trend elektabilitas capres 3 nama yang ditemukan dalam survei di Jawa Timur, dari April Ganjar Pranowo masih stabil di angka 40%, nyaris tidak berubah," ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, dalam pemaparaannya, Minggu, 17 September 2023.

Sementara itu, disusul oleh Prabowo Subianto dengan 32,3%. Rio menyebut elektabilitas Prabowo menurun sebanyak 8,2%.

"Adapun tren elektabilitas Prabowo Subianto mengalami penurunan sebesar 8,2 persen, dari yang sebelumnya 40,5 persen pada April menjadi 32,3 persen pada September 2023," ujar dia.

BACA JUGA:Terbentur Peraturan

Sedangkan Anies Baswedan berada pada posisi akhir dengan 18,3%. Rio mengatakan meski berada pada posisi akhir, namun terdapat kenaikan terhadap elektabilitas Anies.

“(Elektabilitas) Anies Baswedan yang di bulan April itu di angka 14 persen menjadi 18,3 persen dalam waktu kami melakukan survei tanggal 7 (September), berarti dalam waktu seminggu sudah ada perubahan di angka 4,3 persen,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: