DANA Sekarang Bisa Digunakan di Singapura Demi Dukung Implementasi Pembayaran Antarnegara

DANA Sekarang Bisa Digunakan di Singapura Demi Dukung Implementasi Pembayaran Antarnegara

DANA Kini Hadir di Singapura Demi Permudah Transaksi Antarnegara---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Perluasan standardisasi pembayaran antarnegara melalui interkoneksi QR Code, untuk negara Indonesia dan Singapura resmi terlaksana hari ini.

Kerja sama Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) memungkinkan masyarakat yang melakukan perjalanan ke dua negara tersebut, untuk menyelesaikan pembayaran di merchant offline dan online, menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS).

Terobosan ini diharapkan mampu membuka jalan bagi meningkatnya pertumbuhan UMKM hingga sektor pariwisata.

BACA JUGA:5 Negara Seret Israel ke Mahkamah Pidana Internasional, Netanyahu: Omong Kosong

Meneruskan komitmen dalam menyukseskan terciptanya sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable serta mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 sebagai program Bank Indonesia, dompet digital DANA kembali berperan serta sebagai salah satu penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang mendukung Bank Indonesia untuk mengimplementasikan inisiatif ini.

Dengan demikian, masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi DANA sebagai opsi pembayaran ritel ketika mereka mengunjungi Singapura, untuk melakukan pembayaran di merchant Singapura melalui QR NETS.

Sebaliknya, masyarakat Singapura yang mengunjungi Indonesia juga dapat melakukan pembayaran di merchant DANA melalui QRIS.

Sebagaimana disampaikan dalam Siaran Pers Bank Indonesia, interkoneksi pembayaran QR antarnegara ini merupakan capaian penting dari upaya BI dan Monetary Authority of Singapore (MAS) dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Singapura.

Inisiatif ini juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua negara terutama dalam memperluas akses pelaku usah kedua negara serta memajukan sektor pariwisata.

BACA JUGA:Kisah dr Qory: Kabur saat Hamil 6 Bulan, Ternyata Korban KDRT sampai Diancam Pakai Pisau

Dalam Siaran Pers resmi Bank Indonesia menyatakan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan, “Interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC) dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat.”

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Bank Indonesia yang terus mempercayakan DANA sebagai dompet digital pertama untuk turut serta menjadi peserta launching yang mengimplementasikan QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, dan kini Singapura. Dalam menghadirkan pembayaran lintas negara ini, DANA telah menyiapkan keamanan berlapis dan memastikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi digital. Tidak hanya itu, ekosistem terbuka yang kami miliki juga akan membuka kesempatan bagi banyak UMKM yang telah menjadi mitra kami, untuk mendapatkan perhatian wisatawan mancanegara dan meningkatkan transaksinya di kemudian hari. Misi kami dalam menyediakan pembayaran dan layanan keuangan secara digital terus diperluas aksesnya bagi seluruh Masyarakat Indonesia”

Dalam aspek keamanan, DANA menggunakan teknologi berlapis dan terdepan di kelasnya. Misalnya, DANA menggunakan metode pengamanan bertransaksi yang beragam mulai dari PIN, OTP, hingga autentikasi wajah yaitu DANA VIZ. DANA juga memiliki sertifikasi keamanan global seperti sertifikasi ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan dan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk pembayaran menggunakan kartu.

BACA JUGA:Suami dr Qory Tersangka KDRT, Polisi: Korban Kabur Diancam Pakai Pisau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: