Polda Jawa Tengah Perkirakan Arus Balik Nataru 2023/2024 tak Setinggi Lebaran

Polda Jawa Tengah Perkirakan Arus Balik Nataru 2023/2024 tak Setinggi Lebaran

Gerbang Tol Gringsing yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Semarang-Batang -Jasa Marga-

SEMARANG, DISWAY.ID-- Arus angkutan balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dari wilayah hukum Polda Jawa Tengah diperkirakan tidak terjadi peningkatan setinggi arus balik Lebaran.

Demikian terlihat dari arus mudik Nataru 2023/2024 ke Jawa Tengah yang terpantau hingga Minggu 31 Desember 2023 kemarin.

Namun Polda Jateng terus melakukan sejumlah langkah antisipasi termasuk rekayasa lalu lintas dalam menghadapi peningkatan arus kendaraan saat balik Nataru tersebut.

BACA JUGA:Ribuan Orang Menyebrang dari Kepulauan Seribu Usai Perayaan Nataru

BACA JUGA:Resmi Turun! Cek Harga BBM Pertamina per 1 Januari 2024 Selengkapnya

“Baru mencapai 50 ribu kendaraan dibanding 90 ribu kendaraan saat lebaran kemarin. Kapasitas dan volume kendaraan masih bisa kita kendalikan, sehingga skenario one way dan contra flow belum perlu dilakukan,” ujar Waka Polda Jateng Brigjen Pol Agus Suryonugroho saat melakukan pantauan Pos Pelayanan Terpadu di Simpang Lima bersama Forkopimda Kota Semarang, Minggu malam 31 Desember 2023.

Pihaknya mengantisipasi puncak arus balik Nataru yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1 sampai 2 Januari 2024 ini.

Diperkirakan sebanyak 40 ribu kendaraan akan melintasi di Tol wilayah semarang.

“Untuk tol masih lancar, konsentrasi kami ada di rest area yang menuju Jakarta, kalau di Semarang di KM 424,” ungkap mantan Dirlantas Polda Jateng itu.

Sebagai antisipasi jumlah pengunjung rest area di tengah keterbatasan tempat parkir kendaraan, pihaknya akan memberlakukan buka tutup di sejumlah rest area yang menuju Jakarta.

BACA JUGA:Panglima TNI Saat Ditanya Soal Pengeroyokan Relawan Ganjar-Mahfud

“Kita bersyukur sejauh ini di Jawa Tengah tidak ada kejadian menonjol terkait mudik natal dan tahun baru. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat semoga Jawa Tengah tetap aman,” tandasnya

Terkait pantauan perayaan malam tahun baru di wilayah Semarang semalam, Wakapolda melihat antusiasme masyarakat lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Berdasarkan pantauan, meski di Kota Semarang diguyur hujan sejak sore hari, namun di sejumlah titik terjadi kepadatan aktivitas masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: