Ini Kuota dan Daya Tampung Unesa Acuan SNPMB 2024, Daftar Prodi dan Fakultas

Ini Kuota dan Daya Tampung Unesa Acuan SNPMB 2024, Daftar Prodi dan Fakultas

Secara keseluruhan Unesa termasuk perguruan tinggi favorit, juga vokasinya melejit dan jadi incaran. --Unesa

JAKARTA, DISWAY.ID - Kuota dan daya tampung Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menarik untuk disimak sebagai acuan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.
 
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan Seleksi Mandiri. 
 
Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.
 
Semangat pelaksanaan SNPMB 2024 adalah akuntabilitas, transparansi, dan berkeadilan.
 
Sejumlah perubahan pada mekanisme SNPMB PTN 2024 bertujuan untuk mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karir serta bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambilnya.
 
Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik.
 
Peserta SNBP adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul.
 
Adapun prestasi akademik maupun non akademik dari siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
 
Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%.
 
Sekolah akan melakukan pengisian rapor siswa yang layak mengikuti SNBP pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sebagaimana tahun 2023, siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.
 
Selanjutnya, pada tahun 2024, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.
 
Jalur SNBT diikuti oleh peserta yang terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai langkah awal dalam proses seleksinya.
 
Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali.
 
Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024 saja. 
 
Kuota minimum jalur SNBT masing- masing PTN adalah 40%; kecuali PTN Badan Hukum (PTNBH), SNBT Minimum 30%. Peserta untuk mengikuti UTBK adalah siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 pada tahun 2024 atau peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024) dan siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024).
 
Umur maksimal bagi peserta paket C ini mengalami perubahan dari tahun 2023.
 
Peserta UTBK dikenai biaya pendaftaran.
 
Pelaksanaan SNPMB Tahun 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id).
 
Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran
 
https://snpmb bppp.kemdikbud.go.id.
 
Kuota dan Daya Tampung Unesa 2024
 
Saat ini Unesa memiliki tujuh fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Sains, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi, serta Program Pascasarjana.
 
Berikut Daya Tampung Unesa 2024 dikutip dari laman resmi kampus Unesa
 
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unesa