Jokowi Terbang ke Melbourne, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden Hingga 6 Maret

Jokowi Terbang ke Melbourne, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden Hingga 6 Maret

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusumah sebelum melawat ke Melbourne untuk menghadiri KTT Khusu ASEAN-Australia, Senin 4 Maret 2024-DOK. Rusman/Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Melbourne, Australia untuk melakukan kunjungan kerja hari ini.

Selama bertugas di luar negeri, Wapres Ma'ruf Amin akan bertugas sebagai Plt Presiden menggantikan Jokowi berdinas.

BACA JUGA:Ditanya Soal Perolehan Suara Partai Putranya yang Tiba-tiba Melonjak, Jokowi: Silakan Tanya ke Partai

BACA JUGA:Suara PSI Naik Secara Melonjak, Begini Tanggapan Jokowi

Penunjukkan itu diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) nomor 12 tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden. Keppres itu diteken Jokowi per 1 Maret 2024 sebagai rujukan bagi Ma'ruf Amin bertugas menjadi Plt Presiden.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Australia, pada tanggal 4 sampai dengan 6 Maret 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," demikian tertulis dalam Keppres tersebut seperti dilihat, Senin 4 Maret 2024.

Ma'ruf tetap berkonsultasi dengan Jokowi jika ada kebijakan atau suatu hal yang perlu diputuskan. Ma'ruf wajib meminta persetujuan Jokowi.

BACA JUGA:Jokowi Pastikan Stok Beras Aman Jelang Lebaran

BACA JUGA:Jokowi Prediksi Harga Beras Akan Turun Jelang Panen Raya

"Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden," demikian isi Keppres.

"Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," lanjutnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi bertolak ke Australia dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 4 Maret 2024 sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam agenda ini, Jokowi akan menghadiri KTT ASEAN-Australia. Jokowi mengatakan KTT khusus itu juga akan memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Ungkap Cara Indonesia Jadi Negara Maju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: