Rekapitulasi 2 Provinsi Usai, KPU Langsung Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Rekapitulasi 2 Provinsi Usai, KPU Langsung Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan langsung mengumumkan hasil rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 tingkat nasional hari ini, Rabu, 20 Maret 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat ditemui media di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2024 malam.

Meski tidak tidak dijelaskan kapan waktu pastinya, Hasyim mengatakan pihaknya masih akan melakukan rekapitulasi untuk dua provinsi, yaitu Papua Induk dan Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Menkominfo Bilang Kecurangan Pemilu Paling Banyak di Pileg, Pilpres Nyaris Tidak Ada

"Dari 38 provinsi, masih ada dua yang belum yaitu Papua dan Papua Pegunungan. Jadi Insya Allah kita lanjutkan untuk rekapitulasi hasil perolehan suara untuk Papua dan Papua Pegunungan," ujar Hasyim Asy'ari kepada awak media.

Setelah rekapitulasi dari 38 provinsi telah rampung, pihak KPU akan menyiapkan berita acara untuk keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional. 

"Jadi dalam keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu pada tingkat nasional itu akan merangkum semua jenis pemilu," jelasnya.

Adapun hasil jenis pemilu yang dimaksud, yaitu mulai dari Pemilu DPRD pada 508 Kabupaten/Kota, hasil pemilu DPRD pada 38 provinsi, hasil Pilpres 2024, hasil Pileg DPR RI, dan hasil pemilihan Anggota DPD.

BACA JUGA:Hasil Pemilu 2024 Langsung Diumumkan Usai Rekapitulasi Tingkat Nasional Rampung

Diketahui, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 untuk 36 provinsi dan luar negeri. Dari rekapitulasi tersebut, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 provinsi.

Begitu pula dengan rekapitulasi tingkat nasional dari luar negeri yang menunjukan pasangan Prabowo-Gibran menang di 66 negara.

Beda dari Prabowo-Gibran, pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar justru hanya unggul di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Barat.

Untuk rekapitulasi di luar negeri, pasangan yang disingkat AMIN ini menang di 22 negara.

Sedangkan pasangan calon nomo urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampak keok lantaran tidak unggul di provinsi manapun, tetapi unggul di 39 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: